Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Internasional Keislaman Risalah Redaksi English Opini Obituari Video Tokoh Hikmah Arsip

Cara Unik NU Mimika Sapa Sejumlah Masjid dengan Dampar

Cara Unik NU Mimika Sapa Sejumlah Masjid dengan Dampar
Penyerahan dampar kepada sejumlah masjid dan mushala oleh PCNU Mimika, Papua. (Foto: NU Online)
Penyerahan dampar kepada sejumlah masjid dan mushala oleh PCNU Mimika, Papua. (Foto: NU Online)

Mimika, NU Onlline
Banyak cara yang dilakukan demi memastikan bahwa warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin di sejumlah basis dapat disapa dengan baik. Mungkin tidak terlalu penting benda apa yang diberikan, namun yang pasti, perhatian telah diberikan.


Semangat itu juga yang mengemuka dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mimika, Papua. Lewat bantuan sejumlah dampar atau meja kecil yang biasa digunakan oleh guru saat mengajar santri, sudah memadai. Benda tersebut menjadi media perhatian dan kepedulian jam’iyah kepada jamaah.


"Dampar ini dimaksudkan sebagai tanda bahwa masjid atau mushala ini ber-amaliyah dan bertradisi NU, sehingga bisa memagari dari pemahaman lain," kata Ketua PCNU Mimika Imam Mawardi kepada NU Online, Jumat (28/5).


Dampar yang diberikan berukuran 120 x 40 x 35 cm yang berwana hijau dengan diberi logo NU dan nama masjid atau mushala berikut alamatnya tampak mencolok dan gagah.


"Alhamdulillah sampai saat ini sudah sekitar 20 meja yang kami distribusikan ke masjid, mushala, majelis taklim, dan pondok pesantren," terang Wakil Bendahara PCNU Mimika, Muhammad Amin.


Penyerahan dampar sebagian besar dilakukan saat safari Ramadhan yang digelar NU Mimika. Demikian juga hal ini menjadi pertanda akan keseriusan dalam memberikan perhatian.


"Dampar ini sebagai simbol bahwa masjid ini membawa amanat menjaga dan mewariskan tradisi amaliyah NU, seperti shalat tarawih 20 rakaat, bilal tarawih dan pujian," kata Wakil Ketua PCNU Mimika Muhammad Amin.


Menurut dia, bantuan dampar ini sebagai inisiatif awal untuk melakukan labelisasi masjid dan tempat ibadah.


"Selama safari Ramadhan, kami ngobrol tentang pentingnya labelisasi dalam kaitannya dengan tujuan orang wakaf, infak, dan sedekah ke masjid," jelasnya.


Dikemukakan pula bahwa tujuan utama dari program ini yaitu siapa saja mendapatkan aliran pahala lewat doa dan kemakmuran masjid itu.


"Insyaallah jika masjid ini di bawah NU harapan pewakaf dan pesedekah terlaksana lewat kegiatan yasinan tahlilan, istighotsahan, nariyahan, khataman, shalawatan, pengajian dan seabrek kegiatan lainnya," ungkapnya.


Dalam pandangan dia, mereka yang dikubur nantinya akan kaya dengan kiriman kebaikan lantaran mendapatkan doa yang rutin diselenggarakan maupun makmurnya masjid.


"Kami masih terus menggarap beberapa dampar yang belum jadi. Target kami semakin banyak dampar ini disalurkan, maka semakin memudahkan identifikasi masjid atau mushala NU," pungkasnya.


Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya