Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Ansor Sulteng Siapkan Budidaya Udang Vaname di 500 Hektar Lahan

Ansor Sulteng Siapkan Budidaya Udang Vaname di 500 Hektar Lahan
Ketua GP Ansor Sulawesi Tengah Alamsyag Palenga. (Foto: istimewa)
Ketua GP Ansor Sulawesi Tengah Alamsyag Palenga. (Foto: istimewa)

Makassar, NU Online

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulawesi Tengah (Sulteng) tengah mewujudkan kemandirian ekonomi organisasi melalui unit usaha berbasis pertanian dan perikanan.

 

Ketua GP Ansor Sulteng, Alamsyah Palenga mengatakan ada beberapa komoditas yang bisa menjadi pilihan membangun kemandirian ekonomi organisasi. Di antaranya budidaya udang, ikan, sapi, dan tanaman porang.

 

Menurut Alamsyah, Sulteng adalah salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang Indonesia. "Ini adalah potensi perikanan yang sangat prospektif. Ansor Sulteng menyiapkan sekitar 500 hektar lahan budidaya udang vaname," kata Alamsyah Palenga kepada NU Online, Senin (7/6).

 

Rencana kemandirian ekonomi ini kata Alamsyah akan direalisasikan melalui tingkat Pengurus Wilayah (PW) Sulteng dan Pengurus Cabang (PC) GP Ansor se-Sulteng.

 

Selain tengah berusaha mewujudkan kemandirian ekonomi organisasi, Alamsyah juga akan memfokuskan pembentukan struktur organisasi di tingkat kecamatan atau Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor.

 

"Harapannya dalam satu tahun ke depan telah terlaksana Diklat dan terbentuk kepengurusan di 75 persen kecamatan dari 175 kecamatan se-Sulteng," bebernya.

 

Ia juga menyampaikan Diklat terbaru berupa Diklat Terpadu Dasar (DTD) Banser yang dilaksanakan PAC GP Ansor, Bokat, Kabupaten Buol, Jumat-Ahad, 4-6 Juni 2021.

 

Alamsyah menyampaikan bahwa selama memimpin GP Ansor Sulteng pada Maret 2018 sudah melaksanakan DTD sebanyak 44 kali di Sulteng.

 

"Ini adalah Dilklat Tingkat Dasar ke-44 di seluruh Sulawesi Tengah sejak saya memimpin Ansor Sulawesi Tengah bulan Maret 2018," ujarnya.

 

Tak lama ini juga GP Ansor Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng melaksanakan kegiatan yang sama di Desa Tinombala Jaya, Kecamatan Ongka Malino pada tanggal 28-30 Mei 2021 lalu.

 

Sejumlah PAC terlibat dalam Diklatsar Ansor-Banser ini, di antaranya PAC Ongka Malino, PAC Mepanga, PAC Tomini, dan PAC Palasa. Dari peserta yang mengikuti kegiatan tercatat ada 150 orang dari pemuda desa.

 

Kala itu, di tengah-tengah pelaksanaan Diklatsar Ansor-Banser Parigi Moutong, juga dilaksanakan penyaluran bantuan mushaf Al-Qur’an kepada masyarakat setempat. Bantuan berasal dari PW Ansor Sulteng yang kemudian diserahkan kepada GP Ansor Parigi untuk disalurkan di masjid dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ).

 

Kontributor: Ridwan
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya