Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Di Tengah Pandemi, MAN 1 Banda Aceh Sabet 27 Medali Olimpiade Sains Indonesia 2021

Di Tengah Pandemi, MAN 1 Banda Aceh Sabet 27 Medali Olimpiade Sains Indonesia 2021
Siswa MAN 1 Banda Aceh saat mengikuti OSI 2021. (Foto: istimewa)
Siswa MAN 1 Banda Aceh saat mengikuti OSI 2021. (Foto: istimewa)

Banda Aceh, NU Online

Di tengah-tengah pandemi Covid-19, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banda Aceh mempersembahkan prestasi terbaiknya di tingkat nasional. Para siswa di madrasah yang sering disebut MAN Model ini menyabet prestasi di ajang Olimpiade Sains Indonesia (OSI) tingkat Nasional 2021.

 

Perlombaan tersebut yang diikuti siswa-siswi dan guru MAN 1 Banda Aceh secara online 29-30 Mei 2021. Total 27 medali OSI berhasil diraih oleh siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banda Aceh. Medali terdiri atas 1 emas, 8 perak (dua di antaranya kategori guru), dan 18 perunggu.

 

Prestasi ini diperoleh melalui usaha keras 85 siswa yang mewakili Tim dari MAN 1 Banda Aceh. Tim ini menjadi peserta terbanyak kedua tingkat SMA/MA dan terbanyak pertama dari madrasah di Indonesia.

 

Keberhasilan MAN 1 Banda Aceh di tengah pandemi Covid-19 ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas sebagaimana diungkapkan dalam Twitternya.

 

"Pagi yang penuh semangat, kemarin bertebar prestasi dunia dari beberapa siswa Madrasah, pagi ini dapat kabar MAN 1 Banda Aceh "borong" medali. Keren!," tulis pria yang akrab disapa Gus Yaqut di Twitternya bertanggal 10 Juni 2021, pukul 07.01 WIB.

 

Kepala MAN Model Banda Aceh, Nursiah menyampaikan  ini merupakan prestasi yang membanggakan. Pihaknya berharap anak didik dan guru dapat terus mengukir prestasi, sehingga mengharumkan nama sekolah dan Provinsi Aceh.

 

"Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus belajar dan menjadikan pendidikan madrasah ini ke arah yang lebih baik lagi," ujar Nursiah.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan selain unggul dalam pemahaman keagamaan, prestasi ini menjadi bukti madrasah tidak kalah dalam prestasi akademik.

 

"Ini prestasi yang sangat membanggakan, madrasah semakin menunjukkan prestasinya di kancah nasional," ujar Ramdhani, Rabu (9/6/).

 

OSI tingkat Nasional tahun ini berlangsung secara daring, 29-30 Mei 2021. Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Ditjen Pendis, Moh Ishom menuturkan, tantangan pemerintah dalam meningkatkan literasi siswa madrasah mulai terpecahkan dengan meningkatnya kualitas sumber daya yang dihasilkan madrasah melalui berbagai prestasi salah satunya teruji dalam ajang OSI 2021.

 

"Peningkatan kualitas literasi siswa madrasah teruji dengan pencapaian mereka pada prestasi akademik yang diraih," tutur Ishom.

 

Ishom menambahkan, Kemenag memberikan peluang dan pembiasaan serta motivasi terhadap siswa dalam ajang perlombaan mampu mengasah kemampuan literasi, salah satunya literasi sains.

 

Berikut daftar prestasi MAN 1 Banda Aceh pada OSI 2021.

 

Medali Emas:

Farhannur (Kategori: Sejarah)

 

Medali Perak:

1. Muhammad Putra Aprullah, S.E, M.Si (Ekonomi-Guru)

2. Andi Mustari (Fisika-Guru)

3. Muhammad Khairul Ihsan (Ekonomi)

4. Muhammad Fathoni (Fisika)

5. Amalia Asri Khairah (Fisika)

6. Siti Afifah (Biologi)

7. Cut Alvi Khairanda (Kimia)

8. Shahibul Azmi Zulfikar (Matematika)

Medali Perunggu

1.Alya Zuhra (Bahasa Inggris)

2. Nabila Agnia Ilmi (Bahasa Inggris)

3.Yuliati Saputri (Biologi)

4. Akmalia (Biologi)

5. Zalfa Z Hakiki (Biologi)

6. Assyifa Nurul Izzati Hakiki (Biologi)

7.Nazila Fathana (Biologi)

8. Farhannur (Ekonomi)

9. Rizki Ramadhan (Ekonomi)

10. Siti Faiza Zhafira (Ekonomi)

11. Carissa Alzena (Geografi)

12. Siti Karimah Nawar (Kimia)

13.Nurizzah Muthmainnah (Kimia)

14. Alya Zuhra (Kimia)

15. Nurul Uzratun Nashriyyah (Matematika)

16. Zuhad Arzaqy (Sejarah)

17. M.Faruqi (Komputer)

18. Molis Salsabila (Komputer)
 

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online