Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pergunu Jakarta Buka Beasiswa S1 di Universitas Islam As-Syafi'iyah

Pergunu Jakarta Buka Beasiswa S1 di Universitas Islam As-Syafi'iyah
Ketua PW Pergunu DKI Jakarta Lutfi Hakim Wahid (kedua dari kiri) usai menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama beasiswa dengan Dekan Fakultas Saintek UIA Jakarta Dr R Indarjani. (Foto: Dok. Pergunu DKI)
Ketua PW Pergunu DKI Jakarta Lutfi Hakim Wahid (kedua dari kiri) usai menandatangani Nota Kesepahaman kerja sama beasiswa dengan Dekan Fakultas Saintek UIA Jakarta Dr R Indarjani. (Foto: Dok. Pergunu DKI)

Jakarta, NU Online 
Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) DKI Jakarta membuka beasiswa Strata S1 program studi Biologi dan Matematika di Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta.


Ketua PW Pergunu DKI Jakarta, Lutfi Hakim Wahid mengatakan, program tersebut sebagai bentuk dukungan Pergunu demi mewujudkan cita-cita para pelajar yang ingin menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi.


“Sejauh ini kendala yang dihadapi berupa biaya kuliah sehingga para pelajar enggan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi,” kata Lutfi Hakim kepada NU Online, Sabtu (12/6).


Lutfi Hakim mengatakan, Revolusi Industri 4.0 telah mengubah peradaban dunia. Akibatnya, perkembangan, penguasaan, dan penemuan di bidang sains dan teknologi yang demikian pesat mencipta ‘Abad ledakan teknologi dan ilmu pengetahuan’ beserta konsekuensi yang menyertainya.


“Untuk itu, Pergunu mencoba ikut andil dalam memberikan dukungan kepada para pelajar melanjutkan pendidikannya sampai perguruan tinggi melalui beasiswa di beberapa kampus,” tandasnya.


Menyikapi kondisi tersebut, lanjut dia, yang harus dilakukan pemuda atau santri adalah dengan meningkatkan iman dan taqwanya (imtaq) dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang diperoleh melalui proses pendidikan.


“Menanggapi fenomena tersebut, PW Pergunu DKI Jakarta bekerja sama dengan Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta, membuat program wajib kuliah bagi seluruh pemuda dan santri NU dengan memberikan beasiswa S1 Matematika dan Biologi,” ungkapnya. 


Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam As-Syafi'iyah Jakarta, Dr R Indarjani, mendukung gagasan itu. Ia menganggap bahwa pendidikan sebagai sarana strategis dalam penciptaan SDM unggul yang berkarakter.


“Oleh karenanya, kami menyambut baik gagasan tersebut dan membuka peluang untuk bekerja sama untuk mewujudkan cita-cita pelajar NU,” tegasnya.


Wakil Ketua PW Pergunu DKI Jakarta Aji Munaji menambahkan, pendaftaran dimulai pada 12 Juni-25 Juli 2021. Tes seleksi akademik dan non akademik pada 27 Juli 2021. Sedangkan pengumuman seleksi pada 30 Juli 2021 bisa dilihat di website Pergunu 


Bagi yang berminat, silakan mengirimkan berkas pendaftaran beasiswa UIA Jakarta ke Sekretariat PW Pergunu DKI Jakarta di Lt. 3 Gedung PWNU DKI Jakarta. Soft file dikirim melalui surel: beasiswa@pergunujakarta.org. Adapun pendaftaran melalui link: beasiswa-uia.pergunujakarta.org


Kontributor: Kukuh Fany Fathullah
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online