Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Langkah GP Ansor Lampung Tengah Cetak Kader Militan dan Berkualitas

Langkah GP Ansor Lampung Tengah Cetak Kader Militan dan Berkualitas
Proses kaderisasi dalam sebuah organisasi adalah sebuah keniscayaan.
Proses kaderisasi dalam sebuah organisasi adalah sebuah keniscayaan.

Lampung Tengah, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lampung Tengah, Saryono mengatakan bahwa secara bertahap namun pasti, pihaknya terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para anggota. Peningkatan sumber daya manusia ini di antaranya dilakukan melalui proses kaderisasi.
 

Menurutnya, proses kaderisasi dalam sebuah organisasi adalah sebuah keniscayaan. Sehingga setiap kader yang akan masuk sebagai anggota, harus mengikuti proses kaderisasi ber-Ansor dengan khidmat, totalitas dan ikhlas dari awal hingga akhir. Dengan hal ini maka ia akan menjadi kader yang berkualitas.


Pihaknya pun mendorong para pengurus Pimpinan Anak Cabang GP Ansor di setiap tingkatan untuk menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) yang merupakan pendidikan dan pelatihan kader jenjang awal dalam sistem kaderisasi GP Ansor. PKD ini lah yang akan menjadi pintu gerbang dalam mencetak kader berkualitas.


"Output jangka menengah dan jangka panjang pasca-kaderisasi ini adalah membentuk kader yang militan, ideologis, berkarakter, berdedikasi, dan berintegritas tinggi. Membentuk kader yang memiliki kecakapan mengelola organisasi dan profesional dalam bidang-bidang tertentu," katanya di sela-sela pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Seputih Mataram, Jumat (18/6).


Untuk mewujudkan harapan tersebut, dalam PKD yang dilaksanakan di komplek Pesantren Baitul Kirom, Kampung Subing Karya, Kecamatan Seputih Mataram ini, para peserta mendapatkan berbagai macam materi.

 

Di antaranya meliputi Orientasi Pengkaderan, Ahlussunnah wal Jamaah I, Dalil-dalil amaliyah dan Tradisi Keagamaan NU, Ke-Indonesia-an dan Kebangsaan, Ke-Nahdlatul Ulama-an I, Ke-GP Ansor-an I, Organisasi dan Kepemimpinan, Pengenalan Aturan Organisasi GP Ansor, Rencana Kerja Tindak lanjut, dan Pembai'atan.

 

Selain melakukan kaderisasi, Pemuda GP Ansor juga berkewajiban untuk melaksanakan mandat yang besar lainnya yakni istiqamah merawat dan melestarikan paham Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an Nahdliyyah. Selain itu, mandat lain juga harus dilaksanakan yakni merawat bingkai kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dalam waktu dekat ini GP Ansor Lampung Tengah melaksanakan proses kaderisasi di tiga Kecamatan, yaitu Seputih Mataram, Bandar Surabaya, dan Terbanggi Besar. Adapun jadwalnya meliputi: PKD angkatan XVII di Kecamatan Seputih Mataram, 18-20 Juni 2021, lokasi Pesantren Baitul Kirom, Kampung Subing Karya. PKD angkatan XVIII di Kecamatan Bandar Surabaya, 24-27 Juni 2021, lokasi Pesantren Mambaut Tholibin Kampung Surabaya Ilir. PKD angkatan XIX di Kecamatan Terbanggi Besar, 9-11 Juli 2021.

 

Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Muhammad Faizin

Posisi Bawah | Youtube NU Online