Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Bank Darah NU Peduli Pringsewu Terus Tebar Manfaat bagi Masyarakat

Bank Darah NU Peduli Pringsewu Terus Tebar Manfaat bagi Masyarakat
Penyaluran Bank Darah NU Peduli Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Penyaluran Bank Darah NU Peduli Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Untuk lebih memaksimalkan kerja sosial dan terus memberi manfaat maksimal bagi masyarakat, NU Peduli Kabupaten Pringsewu telah memiliki divisi Bank Darah NU Peduli. Divisi ini membantu masyarakat dalam menyediakan darah untuk proses perawatan dan penyembuhan berbagai penyakit.


Darah yang disumbangkan ini dihimpun dari para pendonor yang dikoordinir mulai dari pendataan peserta donor sampai dengan proses penyimpanannya. Dengan data-based pendonor yang sudah dimiliki oleh Bank Darah, maka kebutuhan darah akan segera bisa dipenuhi jika ada yang membutuhkan.


Dengan adanya Bank Darah NU Peduli ini, banyak masyarakat di Kabupaten Pringsewu dan juga masyarakat luas yang sudah mendapatkan manfaatnya. Baru-baru ini, Bank Darah telah mencukupi keperluan darah bagi tiga pasien yang membutuhkan bantuan darah.


Ketua NU Peduli Pringsewu H Aqil Marsudi menjelaskan bahwa tiga pasien yang dibantu pengadaan darahnya yakni pertama atas nama Bapak Tukiran dari Kecamatan Sukoharjo yang sedang melakukan perawatan penyakit anemia. Dengan golongan darah O, Bank Darah telah mencukupi sebanyak 7 kantong darah.


“Yang kedua atas nama Tri Rahayu warga Desa Panjerrejo, Kecamatan Gading yang membutuhkan darah untuk Operasi Caesar sebanyak satu kantong dengan golongan darah A,” katanya, Ahad (20/6).


Pasien ketiga yang mendapatkan bantuan darah yakni atas nama Yuni Desi Yanti yang berasal dari Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Yang bersangkutan mengalami pendarahan dan dicukupi dengan darah golongan A sebanyak 2 kantong.


Dengan ketercukupan darah bagi tiga pasien ini, pria yang karib dipanggil Komandan Marsudi pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendonor. “Pengurus Bank Darah NU peduli menghaturkan banyak terima kasih buat pendonor. Semoga di setiap langkah yang diatur, Allah selalu memberi rahmat dan keberkahan,” katanya.


Terkait dengan proses penghimpunan kantong-kantong darah lanjutnya, NU Peduli memberi kesempatan pada masyarakat untuk menjadi pendonor di Bank Darah NU Peduli. Masyarakat bisa menghubungi koordinator donor di nomor HP 081539244483 atas nama Eko.


Pendonor juga bisa menghubungi Divisi Kesehatan Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu yang menjadi mitra Bank Darah NU Peduli dengan menghubungi Kepala Divisi, Ibu Yoyoh Suherti.


Di antara syarat yang harus dipenuhi jika akan menjadi donor yakni berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 50 kilogram, dan kadar hemoglobin >12,5 gr%,. Tekanan darah juga dalam kondisi normal yakni 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole) dengan nadi 50-100 kali per menit. Tidak diperkenankan berdonor bagi mereka yang memiliki riwayat atau keluhan penyakit jantung, paru-paru, ginjal, hati, kencing manis, penyakit pendarahan, kejang, epilepsi, kanker, dan penyakit kronis lainnya.


Di masa pandemi Covid-19, para pendonor juga harus dinyatakan negatif Covid-19 dengan tidak dalam kondisi demam. “Untuk syarat lengkap nanti akan dicek kesehatannya oleh tenaga medis untuk menentukan layak atau tidaknya menjadi pendonor,” pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya