Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Warga Lebak Serahkan Bantuan Setengah Miliar Lebih untuk Palestina via NU Care

Warga Lebak Serahkan Bantuan Setengah Miliar Lebih untuk Palestina via NU Care
Penyerahan bantuan warga Lebak untuk rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU, Rabu (23/6). (Foto: istimewa)
Penyerahan bantuan warga Lebak untuk rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU, Rabu (23/6). (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Warga Lebak, Provinsi Banten menyalurkan bantuan untuk warga Palestina melalui NU Care-LAZISNU. Penyerahan secara simbolis bantuan dana senilai Rp530.100.000 dilakukan oleh Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya kepada Ketua NU Care-LAZISNU M Wahib Emha, Rabu (23/6) di Pendopo Kabupaten Lebak.

 

Bantuan tersebut merupakan penggalangan bersama yang diinisiasi PCNU Lebak, GP Ansor Lebak, Jaringan Relawan untuk Masyarakat (Jarum) Lebak, dan ASN di lingkungan Kabupaten Lebak.

 

"Alhandulillah hasil donasi warga Lebak untuk Saudara kita di Palestina sejumlah Rp530.100.000 sudah ditasharufkan melalui NU Care-LAZISNU PBNU. Hadir dalam acara yang dilaksanakan secara hybrid ini Forkopimda, Sekda, Asda, pimpinan OPD, Ketua PCNU, Ketua PC Ansor dan Perwakilan Ormas Jarum; disaksikan oleh seluruh kecamatan dan desa se-Kabupaten Lebak melalui Zoom Meeting," kata Ketua GP Ansor Lebak, Deden Farhan kepada NU Online, Rabu (23/6) siang.

 

Ketua NU Care-LAZISNU M Wahib mengatakan dana yang telah terkumpul nantinya difokuskan untuk program kesehatan warga Palestina. "Sebelumnya NU Care-LAZISNU telah menyalurkan untuk warga Palestina berupa family kits dan higienis kits. Keinginan masyarakat Lebak bisa membatu untuk penanganan kesehatan. Jadi akan digabungkan dengan donasi yang lain untuk pembelian mobil ambulans serta layanan kesehatan warga Palestina," jelas Wahib.


Mengutip pernyataan warga Lebak, menurut Wahib penyaluran tersebut disampaikan melalui NU Care-LAZISNU karena NU Care-LAZISNU merupakan lembaga zakat yang terpercayadan profesional, serta melaksanakan secara nyata kegiatan di lapangan.

 

Pihaknya juga mengapresiasi antusias warga Lebak yang bersemangat mengumpulkan bantuan untuk warga Palestina. "Bentuk solidaritas sesama umat harus terus ditingkatkan," ujarnya.

 

Tahap pertama himpun 100 juta
Sebelumnya, pada 27 Mei 2021, diserahkan hasil penggalangan tahap pertama gerakan peduli Palestina oleh warga Lebak. Kala itu, Wandi Assayid mewakili Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa penggalangan tersebut adalah bukti keterdorongan dan kepedulian warga Lebak.

 

"Meski dalam waktu singkat, terbukti pada tahap pertama ini mulai dari tanggal 23 sampai 27 Mei 2021 terkumpul donasi baik yang dihimpun melalui keluarga besar NU, Jarum, maupun melalui rekening khsusus panitia Gerakan Peduli Palestina kurang lebih di angka Rp101.806.300," kata Wandi.

 

Menurut Wandi, ada warga yang melelang mobil mercy yang hasilnya untuk didonasikan.

 

Sementara Ketua  PCNU Lebak Syaefudin Asy Syadzily menyampaikan, bahwa yang terjadi di Palestina bukan hanya soal agama tapi ini adalah masalah kemanusiaan dan penjajahan. "Maka kita sebagai bangsa Indonesia harus terus turut membantu menjadi perdamaian dunia," ujarnya.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan

 

 

Posisi Bawah | Youtube NU Online