Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Arab Saudi Umumkan 60 Ribu Jamaah Terpilih dari 540 Ribu Pendaftar Haji

Arab Saudi Umumkan 60 Ribu Jamaah Terpilih dari 540 Ribu Pendaftar Haji
Jamaah di Masjidil Haram sedang melaksanakan Thawaf (Foto: AFP)
Jamaah di Masjidil Haram sedang melaksanakan Thawaf (Foto: AFP)

Jeddah, NU Online
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menutup proses pendaftaran haji bagi warga negaranya dan ekspatriat (orang yang tinggal sementara di Arab Saudi) pada Rabu (23/6). Selanjutnya, 60 ribu pendaftar yang mendaftarkan diri melalui portal elektronik ini diumumkan pada Jumat (25/6) dan berhak mengikuti ritual ibadah haji tahun 2021.


Dilansir dari Arab News, lebih dari setengah juta orang, tepatnya 540.000 orang mendaftarkan diri untuk bisa menunaikan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga mereda. Pendaftar laki-laki mendominasi dengan 59 persen. Paling banyak pendaftar berumur 31-40 tahun dengan persentase 38 persen dan paling sedikit pendaftar dengan umur 60 tahun ke atas sebanyak 2 persen.


Para pendaftar juga disyaratkan dalam keadaan sehat dan bebas dari penyakit kronis dengan batasan umur 18-65 tahun. Mereka juga harus sudah divaksinasi lengkap sesuai dengan kriteria vaksin yang telah ditentukan oleh kerajaan atau vaksin dosis pertama minimal 14 hari sebelum pendaftaran.


Para pendaftar ini dipilih bukan berdasarkan urutan awal mendaftar. Bagi yang terpilih, akan melakukan pendaftaran untuk memilih jenis paket haji mulai Jumat (25/6) pada pukul 1 siang. Pendaftar yang terpilih akan mendapatkan pesan melalui handphone dan akan mendapatkan panduan lengkap untuk pendaftaran ulang.


"Kementerian telah memfasilitasi langkah-langkah pendaftaran untuk mendapatkan izin haji," kata Abdulfattah bin Sulaiman Mashat, Deputy Kementerian Haji dan Umrah.


Langkah-langkah tersebut termasuk dalam proses pendaftaran, verifikasi data, memilih mahram dari pendaftar yang sudah lulus pada tahun ini, memilih paket haji, menyetujui syarat dan ketentuan, pembayaran biaya secara elektronik, sampai dengan permit haji.


Untuk memastikan haji 2021 dilakukan hanya oleh 60 ribu orang yang lulus pendaftaran, Kementerian Haji dan Umrah juga telah mengeluarkan Kartu Pintar Haji yang menjadi identitas jamaah. Kartu tersebut sudah terintegrasi dengan database jamaah.


Pelaksanaan haji pada tahun ini akan dimulai pada pertengahan bulan Juli 2021. Ini akan menjadi kedua kalinya pelaksanaan ibadah haji yang diikuti oleh jumlah jamaah terbatas setelah pada tahun 2020 lalu, Arab Saudi juga menerapkan kebijakan serupa.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online