Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Proses Haji 2021 Memasuki Tahap Daftar Ulang Jamaah

Proses Haji 2021 Memasuki Tahap Daftar Ulang Jamaah
Jamaah haji (Foto: Haramain)
Jamaah haji (Foto: Haramain)

Jeddah, NU Online
Pendaftar haji pada tahun 2021 yang dilakukan secara online bagi warga Arab Saudi dan ekspatriat mencapai 558.270 pendaftar. Ada 60.000 pendaftar yang terpilih dan secara bertahap akan mendapatkan pesan berupa SMS untuk melanjutkan proses pendaftaran ulang sampai dengan mendapatkan permit atau izin berhaji.


Para calon terpilih ini akan dibatalkan statusnya jika mereka gagal memenuhi prosedur-prosedur yang ditentukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sesuai kelompok umur. Selanjutnya portal Kementerian Haji akan memilih kembali dari pendaftar secara acak dari pendaftar yang ada.


Dilansir dari laman Arab News, Ahad (27/6), saat ini Kementerian Haji dan Umrah mulai mengirimkan pesan SMS kepada para pendaftar haji kelompok umur 41-50 tahun yang diberi alokasi 20 persen dari jumlah keseluruhan jamaah haji. Proses ini akan terus dilanjutkan sesuai dengan kelompok usia termasuk kelompok umur 20 tahun ke bawah yang berjumlah 3 persen dari total yang diterima.


Sebelumnya Kementerian Haji telah menyelesaikan proses pendaftaran pada Jumat (25/6) tengah malam bagi kelompok umur 51-65 tahun. Calon jamaah dari kelompok umur ini mendapatkan pesan SMS untuk segera menyelesaikan prosedur pendaftaran, memilih paket yang diinginkan, memahami syarat dan ketentuan, serta membayar paket yang dipilih dalam batas waktu 10 jam. Setelah itu Kementerian akan mengeluarkan izin setelah semua syarat terpenuhi.


Sementara kesepakatan jamaah dengan agen perjalanan ibadah haji terkait hal penerbitan kartu jamaah, penyediaan gelang identitas, lokasi dan nomor kontak di lokasi-lokasi haji, dan juga pelayanan kesehatan di klinik-klinik yang tersedia.

 

Pihak otoritas akan menyiapkan kendaraan bus yang akan membawa jamaah dari stasiun ke lokasi-lokasi haji dan ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Thawaf qudum (kedatangan), ibadah di Padang Arafah, Muzdalifah, Mina dan ke Masjidil Haram kembali untuk melaksanakan Thawaf Ifadhah.


Dalam pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi ini, Pemerintah Arab Saudi tidak mengizinkan jamaah membawa anak kecil ataupun orang yang tidak masuk dalam paket pelayanan haji.


Bagi jamaah yang akan membatalkan keikutsertaan harus melalui e-portal jamaah. Namun sesuai kebijakan, pembatalan akan dikenakan potongan hingga 100 persen jika pembatalan dilakukan setelah tanggal 10 Juli 2021 yang bertepatan dengan akhir bulan 11 Hijriah. 40 persen dari total harga akan dipotong jika pemohon membatalkan sebelum 3 Juli.

 

Jika calon jamaah dinyatakan positif virus Corona, mereka berhak atas pengembalian dana penuh tidak termasuk biaya transfer bank. Ini berbeda dengan pelaksanaan haji pada 2020 yang semua biaya jamaah ditanggung oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online