Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Menag Yaqut Silaturahim ke Kiai-kiai NU Mohon Doa Pandemi Segera Berakhir

Menag Yaqut Silaturahim ke Kiai-kiai NU Mohon Doa Pandemi Segera Berakhir
Menag Gus Yaqut (kanan) saat silaturahim ke Pesantren Al-Munawir Krapyak bertemu Gus Haidar (kiri) (Foto: Istimewa)
Menag Gus Yaqut (kanan) saat silaturahim ke Pesantren Al-Munawir Krapyak bertemu Gus Haidar (kiri) (Foto: Istimewa)

Semarang, NU Online 
Menteri Agama (Menag) H Yaqut Cholil Qoumas bersilaturahim ke sejumlah kiai NU di Jawa untuk memohon doa agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan mensosialisasikan pedomaan perayaan hari raya Idul Adha tahun ini 

 

Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo mengatakan, safari Menag yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Ansor kepada para kiai di Jawa itu berlangsung pada Rabu-Ahad (23-27/6).

 

"Selain memohon ziyadah doa untuk keselamatan bangsa, Menag dalam kunjungan kerja itu juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan Idul Adha dan pelaksanaan kurban," kata Wibowo kepada NU Online di Semarang, Selasa (29/6).

 

Disampaikan, perjalanan Menag diawali dengan sowan kepada para kiai dan Pengasuh Pesantren di Cirebon Jabar, di antaranya KH Mustofa Aqil Siradj (Rais PBNU dan Pengasuh Pesantren Kempek Cirebon), Pengasuh Pesantren Babakan Ciwaringin, sesepuh Buntet Pesantren yang juga Mustasyar PBNU KH Adib Rofi'uddin Izza, dan Habib Thohir bin Yahya di Semplo, Palimanan.

 

"Dari Cirebon Menag melanjutkan silaturahimnya ke sejumlah kiai di Jateng, meliputi Pesantren Al-Hikmah 1 Benda, Sirampog Brebes KH Labib Shodiq Suhaimi dan Pesantren Annuriyyah, Bumiayu Brebes," terangnya.

 

Kemudian ujarnya, dilanjutkan sowan ke Rais Aam Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Luthfi bin Yahya di Pekalongan. Dari Pantura Jateng menyusur Jateng selatan bersilaturahim ke Pesantren API Tegalrejo Magelang KH Yusuf Khudlori, Pesantren Roudlatut Thulab Magelang, Pesantren An-Nur Purworejo), Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo KH Chalwani.

 

"Di Yogyakarta bersilaturahim ke KHR Haidar Affandi Pengasuh Pesantren Al-Munawir Krapyak dan Pesantren Pandanaran Yogyakarta. Di kota Gudeg ini  Menag juga sowan ke kediaman Habib Hilal di Kota Yogyakarta.

 

Dari Kota Yogyakarta, Menag kembali ke Jateng berziarah ke makam KH Muslim Rifai Imampuro (Mbah Liem) di Pesantren Pancasila Sakti, Klaten, sowan ke KH Abdul Rozaq Shofawi, Pengasuh Pesantren Al-Muayyad, Mangkuyudan, Solo.

 

"Setelah  itu, silaturahim dilanjutkan kepada para kiai di Jatim yakni, ke Pengasuh Pesantren Lirboyo, Kota Kediri. Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Sidogiri, Pasuruan, dan Pesantren Bumi Sholawat Tulangan, Sidoarjo yang diasuh KH Agoes Ali Masyhuri," ucapnya.

 

Menag Gus Yaqut mengatakan, safari silaturahim ini merupakan bagian dari  ikhtiar agar pandemi segera berakhir, penyelenggaraan Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi bisa berjalan dengan baik dan aman. 

 

"Semoga doa dan harapan kita diijabah Allah, pandemi di negeri ini segera berakhir," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz

Posisi Bawah | Youtube NU Online