Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

PWNU DKI Estimasikan 5000 Nahdliyin Peserta Vaksinasi di Jakarta

PWNU DKI Estimasikan 5000 Nahdliyin Peserta Vaksinasi di Jakarta
“Jadi jangan terlewatkan semua pengurus yang ada di Jakarta. Tidak hanya sekadar pengurus, tapi keluarganya pengurus."
“Jadi jangan terlewatkan semua pengurus yang ada di Jakarta. Tidak hanya sekadar pengurus, tapi keluarganya pengurus."

Jakarta, NU Online

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta berencana akan menggelar agenda vaksinasi dengan target 5000 Nahdliyin pada 7-10 Juli 2021 mendatang. Beberapa tempat untuk dijadikan sentra vaksinasi sudah ditentukan. Di antaranya di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. 


Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma’arif menjelaskan, di Jakarta Selatan terdapat dua tempat yakni di Kantor Ansor PC Ansor (Kalibata) dan Pesantren Al-Mahbubiyah asuhan KH Manarul Hidayat (Pasar Minggu). Di Jakarta Barat, vaksinasi akan terpusat di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Cengkareng. Lalu vaksinasi juga akan digelar di Kantor PCNU Jakarta Timur (Duren Sawit). 


“Saat ini sedang dilakukan pendataan atau pendaftaran secara online. Jadi ketika nanti hari H akan dimulai vaksinasi itu bisa terjadwal secara rapi dan tertib supaya tidak terjadi penumpukan atau kerumunan. Untuk itu panitia meminta Banser untuk mengarahkan supaya tidak berkerumun di tempat vaksinasi,” jelas Kiai Samsul kepada NU Online, Sabtu (3/7) kemarin. 


Pendaftaran untuk melakukan vaksinasi di Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari bisa dilakukan dengan mengklik tautan yang disediakan. Hingga kini, NU Online belum mendapat informasi pendaftaran vaksinasi di Jakarta Selatan. 


Kiai Samsul menuturkan bahwa rencana awal, PWNU DKI Jakarta akan menggelar vaksinasi di lima tempat di setiap kota administrasi. Namun ia mengaku mendapatkan masukan dari pihak Polda Metro Jaya agar difokuskan atau dipadatkan menjadi tiga tempat. 


“Saya juga meminta tempatnya itu yang sangat strategis, tidak mengganggu parkiran, dan ketika orang antre tidak berkerumun. Jadi ada orang menunggu itu bisa nyaman dan tidak kepanasan. Target awal 5000 orang. Karena ini masih PPKM Darurat, maka kita tidak berani melakukan kegiatan yang besar,” terangnya.


Kiai Samsul meminta, mengimbau, dan menginstruksikan kepada seluruh pengurus NU beserta badan otonom dan lembaga di setiap tingkatan se-DKI Jakarta agar melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang sudah disediakan.


“Jadi jangan terlewatkan semua pengurus yang ada di Jakarta. Tidak hanya sekadar pengurus, tapi keluarganya pengurus. Jadi harus divaksinasi dan saya berharap semua Banser yang ada di Jakarta juga harus divaksinasi,” pungkasnya. 


Data Vaksinasi Nasional

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Penanganan Covid-19 (https://covid19.go.id/berita/data-vaksinasi-covid-19-update-3-juli-2021), pada Sabtu (3/7) terdapat penambahan 681.419 orang yang sudah divaksinasi tahap pertama sehingga total menjadi 31.573.240 orang. Penambahan angka yang menerima dosis vaksinasi kedua sebanyak 152.625 orang sehingga menjadi 13.922.732 orang yang sudah mendapat suntikan vaksin kedua. 


Target vaksinasi Covid-19 secara nasional yang dicanangkan pemerintah sebanyak 181.554.465. Vaksinasi dilakukan agar mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal, sehingga dapat menurunkan angka penularan. Sebab belakangan ini, angka kasus Covid-19 setiap hari melonjak tajam.


Pada Sabtu kemarin, orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 27.913 sehingga secara akumulatif menjadi 2.256.851 orang. Meski demikian, angka kesembuhan juga terdapat penambahan 13.282 orang dan terdapat 1.915.147 orang yang sudah berhasil sembuh dari Covid-19.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Alhafiz Kurniawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online