Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Kemenag Kembali Gelar Kompetisi Robotik Madrasah

Kemenag Kembali Gelar Kompetisi Robotik Madrasah
Kreasi siswa madrasah pada ajang Kompetisi Robotik Madrasah. (Foto: Kemenag)
Kreasi siswa madrasah pada ajang Kompetisi Robotik Madrasah. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online

Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI kembali menggelar Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) pada 2021 ini.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani dalam keterangan pers secara daring, Rabu (7/7/) mengatakan bahwa ajang Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) merupakan program unggulan tahunan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan Kesiswaan (KSKK) Madrasah.

 

"Kompetini ini diikuti untuk siswa-siswa pendidikan madrasah pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dan pendaftaran dilakukan secara online. Pendaftaran ajang ini dibuka mulai 7 Juli hingga 31 Agustus 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website madrasah.kemenag.go.id/mrc/," kata Ali Ramdhani.

​​​​​​​

Ramdhani mengatakan memang tidak mudah menyelenggarakan kompetisi yang melibatkan ratusan peserta dengan tatap muka dalam kondisi pandemi seperti ini. Meskipun begitu, kreativitas dan inovasi siswa-siswi madrasah di bidang robotik tidak boleh berhenti. "Direktorat KSKK Madrasah berusaha mencari cara agar program ini tetap terlaksana di tahun ini, tentu dengan aturan dan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya. 

 

Dikatakan, kegiatan ini digelar sebagai wujud persiapan diri khususnya siswa-siswi Madrasah sebagai generasi 2045 menghadapi era industri 4.0 dan Cybernetics, Biology, and Ontology.

 

Tema besar yang diusung dalam Kompetisi Robotik Madrasah tahun ini tidak jauh dari pandemi global Covid-19, yakni Robots for Global Pandemic. Tema besar tersebut diturunkan ke dalam empat isu. Keempatnya yaitu Robot for Health Care (Robot Peduli Kesehatan), yakni robot untuk mendukung layanan kesehatan; Robot for Social Care (Robot Peduli Sosial), yakni robot yang berfungsi mendukung  dan media interaksi sosial yang terkendala di masa pandemi, 


Berikutnya, Robot for Resilience (Robot untuk Ketahanan Hidup), yakni robot yang memiliki fungsi membantu manusia untuk ketahanan hidup manusia; dan Robot for Economy Recovery (Robot untuk Pemulihan Ekonomi), yakni robot yang membantu manusia untuk pemulihan ekonomi.

 

Tahun 2021 ini merupakan tahun ketujuh kompetisi robotik madrasah. Program ini pertama kali diselenggarakan pada 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan, 2016 di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, 2017 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Serpong, Banten, 2018 di Depok Town Square, Depok Jawa Barat, 2019 di Grand City Mall Surabaya, dan 2020 di Universitas Islam Asy-Syafi’iyyah Jakarta.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori​​​​​​​

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya