Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rais PCNU Pidie Jaya Ajak Masyarakat Perbanyak Baca Shalawat Thibbil Qulub

Rais PCNU Pidie Jaya Ajak Masyarakat Perbanyak Baca Shalawat Thibbil Qulub
Ilustrasi (Foto: NU Online).
Ilustrasi (Foto: NU Online).

Pidie Jaya, NU Online
Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Tgk Rusydi Muhammad mengajak masyarakat untuk terus memperbanyak baca shalawat thibbil qulub. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar batin di tengah meningkatnya jumlah korban Covid-19.

 

“Selain ikhtiar lahir dengan vaksin, shalawat thibbil qulub perlu terus dikumandangkan sebagai penyembuh dan untuk memohon keselamatan agar terhindar dari ancaman wabah penyakit yang saat ini sedang melanda,” ungkap Tgk Rusydi Muhammad kepada NU Online, Kamis, (8/7).

 

Sosok yang akrab disapa Abi Rusydi ini menyebutkan bahwa membaca shalawat bagi seorang muslim, merupakan suatu bentuk kecintaan dan penghormatan kepada Nabi-nya, supaya mendapatkan pertolongan atau syafaat. Saat ini, pertolongan yang dibutuhkan adalah keselamatan dari wabah penyakit.

 

“Shalawat Tibbil Qulub biasa disebut sholawat asy-syifa, obat penyembuh atau shalawat nuril abshar yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit,” tambah Pimpinan Dayah Irsyadul Ulum Al-Aziziyah Pidie Jaya itu.

 

Menurutnya, dengan banyak membaca sholawat tibbil qulub Insyaallah akan diberikan kesehatan lahir dan batin serta dijauhkan dari penyakit. Hal ini sebagaimana tertuang dalam sebuah dzikir Majmu'ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu'iyah.

 

"Shalawat thibbil qulub ini teruji berfaedah untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit dzahir ataupun batin" ujarnya.

 

Secara terpisah, pernyataan senada juga disampaikan Wakil Rais PCNU Bireun, Tgk Iswadi yang mengatakan bahwa bershlawat kepada Nabi Muhammad, termasuk shalawat thibbil qulub akan menghadirkan banyak kebaikan.

 

"Diantara keutamaan membaca shalawat thibbil qulub ini adalah menyembuhkan hati yang sempit dan pikiran yang bingung, memberikan ketenangan hati, memperoleh keselamatan lahir dan batin, dapat menjadi ikhtiar doa untuk menyembuhkan seseorang yang sakit," paparnya.

 

Pimpinan LPI Nurul Arifah Al-Aziziyah Samalanga juga mengutip pernyataan Syaikh Ahmad As-shawi yang mengatakan; Apabila shalawat thibil qulub dibaca sebanyak 400 kali atau 2 ribu kali dan diniatkan untuk orang sakit, maka dengan izin Allah penyakit apapun akan sembuh.


Sosok yang aktif di lembaga pendidikan dan dakwah itu mengatakan bahwa Shalawat Syifa ini bisa dibaca setiap selesai shalat fardhu sebanyak 15 kali. Selain itu, bisa juga dibaca setelah berdoa dan melaksanakan shalat sunnah dhuha, tahajud, hajat dan taubat.

 

"Untuk kesembuhan orang yang sakit, kamu bisa mengamalkan dengan membaca shalawat ini 7 kali. Kemudian ditambah dengan Al-Fatihah 7 kali, Ayat Kursi 7 Kali, 4 Kalimat Mulia sebanyak 33 kali dalam media air. Mintalah orang yang sakit untuk meminumnya serta berdoa mengharapkan ridha Allah," pungkasnya.

 

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Aiz Luthfi

Posisi Bawah | Youtube NU Online