Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Balitbang Diklat Kemenag Undang Tiga Kiai NU dalam 'Pray From Home'

Balitbang Diklat Kemenag Undang Tiga Kiai NU dalam 'Pray From Home'
Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Prof Dr H Achmad Gunaryo. (Foto: Kemenag)
Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Prof Dr H Achmad Gunaryo. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mengundang tiga kiai Nahdlatul Ulama untuk menyampaikan tausiyah dalam kegiatan doa bersama secara virtual yang diberi nama ‘Pray From Home’. Tiga kiai tersebut yakni Profesor Dr KH Malik Madani, KH Ahsin Sakho’ Muhammad, dan KH Abdul Ghafur Maimoen.


Kegiatan yang diikuti lebih dari 500 ASN di lingkungan Balitbang Diklat di seluruh Indonesia, Jumat (9/7/2021), ini dibuka resmi oleh Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Prof Dr H Achmad Gunaryo.


Dalam sambutannya, Kaban Gunaryo mengatakan sangat berterima kasih kepada seluruh pihak, utamanya Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Balitbang Diklat yang mempersiapkan doa virtual tersebut.


Kaban mengatakan, pada kesempatan ini ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memungkinkan terlaksananya doa bersama. “Saya ingin menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada kawan-kawan dari seluruh Indonesia yang telah mendukung acara kita pada siang hari ini,” ujarnya.


Kaban berharap, mudah-mudahan doa bersama hari ini diijabah oleh Allah SWT. Kaban juga mengajak seluruh ASN untuk berdoa dengan ikhlas dengan harapan semua yang peserta kegiatan ditambah nikmatnya. Pada saat yang sama, semoga segera berlalu pandemic ini dari hadapan kita.


“Yaa Allah, di tempat kami masing-masing dalam rangka memanjatkan doa kepada-Mu mudah-mudahan Indonesia dan rakyat Indonesia dan seluruh dunia Engkau jauhkan dari malapetaka. Kami sadar, bahwa Engkau adalah Maha Pencipta, Engkau Maha Pemelihara, Engkau Maha Pengasih, Engkau Maha Penyayang, dan Maha Pelindung kami semua,” kata Kaban mengawali sambutan seraya berdoa.


“Oleh karena itu, maka izinkan kami ya Allah menyampaikan rasa syukur kami atas semua yang telah Engkau berikan kepada kami. Kami mohon angkat pandemi ini segera sehingga kami bisa melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan yang telah Engkau bebankan kepada kami,” sambungnya.


Dalam kesempatan tersebut, guru besar UIN Walisongo Semarang ini mengucapkan terima kasih kepada Sesban Litbang Diklat H Muharram Marzuki, dan Kepala LPMQ H Muchlis Hanafi yang telah memfasilitasi acara tersebut. “Meskipun acara ini tidak terencana lama dan digelar secara cepat, namun dengan niat ikhlas siang hari ini bisa dilaksanakan,” kata Kaban Gunaryo. 


Doa bersama yang diikuti seluruh pegawai Balitbang Diklat Kementerian Agama se-Indonesia itu mengundang tiga kiai yang berada di tiga kota dan provinsi berbeda. Kiai Malik di Yogyakarta, Kiai Ahsin di Cirebon Jawa Barat, dan Gus Ghafur di Rembang Jawa Tengah.


Ketiga kiai tersebut didaulat menyampaikan ceramah agama (mauidhah hasanah) sekaligus memimpin doa. Selain doa bersama, kegiatan ‘Pray From Home’ ini juga diiisi khatmul Qur'an, pembacaan dzikir, dan tahlil oleh tim Pentashih LPMQ.


Selain digelar secara virtual di Zoom Meeting dengan 500 peserta, acara yang dimoderatori Sesban Litbang Diklat Muharram Marzuki ini juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Lajnah Kemenag.


Pewarta: Musthofa Asrori
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online