Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Covid-19 Melonjak, Habib Syech: Stop Sebar Berita yang Timbulkan Ketakutan

Covid-19 Melonjak, Habib Syech: Stop Sebar Berita yang Timbulkan Ketakutan
Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf (Foto: Tangkapan layar)
Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta, NU Online


Di tengah melonjaknya kasus Covid-19, Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan berita yang dapat menimbulkan ketakutan. Sebab, katanya, ketakutan merupakan bagian dari penyakit.


"Mari, sebarkan berita dan informasi yang membuat ketenangan bagi semua, agar tidak ada kesedihan, dan janganlah membesar-besarkan berita yang akhirnya memunculkan kekhawatiran dan kecemasan. Mari kita menjadi manusia yang senantiasa membuat orang bahagia, senang, dan tenang, serta saling mendoakan," kata Habib Syech melalui tayangan di kanal Youtube miliknya, Ahad (11/7).


Pimpinan Majelis Ahbabul Mustofa itu juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan iman dan taqwa, serta mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak istighfar dan memohon ampunan-Nya. "Dalam menyelesaikan persoalan wabah ini, mari kita bertaubat kepada Allah dengan menjalankan segala perintah-Nya secara baik dan menjauhi larangan-Nya. Mari, kita ikuti sunnah Nabi dengan sempurna, lalu kita berikhtiar kepada Allah," ajak Habib Syech.


Tidak ada satupun makhluk yang mampu menyelesaikan wabah, kecuali Allah. Maka dari itu, Habib Syech mengajak untuk selalu meningkatkan keyakinan kepada Allah di samping menjalankan ikhtiar sebagaimana yang diperintahkan Allah.


"Mari kita kembali ke Allah swt, karena itu jalan yang terbaik untuk kita menyelesaikan permasalahan wabah ini. Insyaallah, mudah-mudahan dengan kita berikhtiar, Allah mengangkat semua bentuk wabah yang ada dan diganti dengan rahmat dan kenikmatan-Nya," ujarnya.


Dalam kesempatan itu pula, habib kelahiran Surakarta 59 tahun yang lalu itu mengingatkan untuk terus menaati protokol kesehatan, serta mematuhi imbauan pemerintah, mengikuti vaksinasi, dan mengurangi aktivitas di luar rumah.


"Insyaallah dengan ikhtiar dhahir seperti ini, Allah akan menyelamatkan kita dan bangsa dari wabah corona," tutur habib pelantun shalawat itu.


Habib Syech juga mengimbau kepada semua untuk tidak mencari kesempatan dan keuntungan di atas musibah yang tengah menimpa saudara kita. Banyak manusia yang tidak mampu dalam menghadapi permasalahan yang ada. Namun, jangan kecil hati dan bersedih, sebab Allah tidak akan memberikan ujian, melainkan telah menyiapkan jalan keluar dari ujian tersebut.


"Jangan pernah timbul rasa takut dan kekhawatiran. Insyaallah setelah ini Allah akan memberi keberhasilan bagi kita dan seluruh bangsa dalam menjalankan tugas dan kehidupan ke depan," tutupnya.


Kontributor: Disisi Saidi Fatah
Editor: Syakir NF

Posisi Bawah | Youtube NU Online