Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Warga Terdampak Covid di Kota Tangerang Terima Daging Kurban NU Care-LAZISNU

Warga Terdampak Covid di Kota Tangerang Terima Daging Kurban NU Care-LAZISNU
NU Care-LAZISNU Kota Tangerang Provinsi Banten membagikan daging kurban untuk pengendara ojek online, Rabu (21/07/2021). (Foto: dok istimewa)
NU Care-LAZISNU Kota Tangerang Provinsi Banten membagikan daging kurban untuk pengendara ojek online, Rabu (21/07/2021). (Foto: dok istimewa)

Kota Tangerang, NU Online

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Provinsi Banten mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat terdampak Covid-19.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Mas’ud Ibnu Syamsuri mengatakan masyarakat terdampak Covid-19 yang menerima daging kurban terdiri dari fakir, miskin, tukang ojek pangkalan, tukang ojek online, pengayuh becak, sopir angkot.

 

Selain itu terdapat juga para pelaku usaha UMKM, pedagang asongan, pedagang nasi uduk, nasi goreng, pecel lele, marbot masjid, ustadz, guru ngaji, guru honorer, korban PHK, petugas kebersihan, dan sejumlah sektor informal lainnya. 

 

Penyaluran dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai surat edaran Menteri Agama, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Surat Edaran PBNU. 

 

"Alhamdulillahirabbil alamin pada Idul Adha tahun ini, NU Care-LAZISNU Kota Tangerang melakukan kurban dengan prokes ketat sesuai aturan pemerintah dan surat edaran PBNU. Baik dalam proses penyembelihan maupun pendistribusian semuanya mengikuti aturan yang ada, karena kondisi pandemi corona dan PPKM darurat yang ditetapkan pemerintah," kata Mas’ud Ibnu Syamsuri di Kota Tangerang, Rabu (21/7/2021).

 

Selain itu, penyaluran dilakukan secara door to door dengan mengantarkan langsung ke kediaman masing-masing. "Kita sangat menjaga prokes dan semoga warga yang tengah susah bisa makan daging dan merayakan Idul Adha dengan penuh rasa syukur meski di tengah pandemi," kata Mas’ud. 

 

Menurut Mas’ud, pada Idul Adha 2021 ini, NU Care-LAZISNU Kota Tangerang menyembelih hewan kurban yang diperoleh dari sejumlah pekurban (mudhahi), yang berasal dari kalangan Nahdliyin dan masyarakat umum.

 

Pihaknya mengajak kepada semua masyarakat, khususnya Nahdliyin untuk secara bersama-sama dan bergotong royong membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19. "Caranya dengan terus istikomah menyalurkan donasi dan bantuan kemanusiaannya kepada NU Care-LAZISNU Kota Tangerang," imbuhnya.

 

"Semoga amanah yang dititipkan kepada NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, kami salurkan dengan tepat sasaran. Ini adalah momen yang tepat bagi kita semua untuk saling berbagi dan peduli," tegas Mas’ud. 

 

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Kurban NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, A Hafiz Zhohiri mengatakan, pada Idul Adha 2021 ini berhasil mengumpulkan berbagai jenis hewan kurban dari masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya. 

 

"Sebenarnya jika dihitung secara kumulatif, kurban yang disalurkan masyarakat melalui NU Care-LAZISNU Kota Tangerang jumlahnya cukup signifikan (dari tahun-tahun sebelumnya). Ada sapi, kambing dan domba. Karena masing-masing UPZ MWC di sejumlah wilayah juga melakukan penghimpunan dan pendistribusian," kata Hafiz. 

 

Ke depan, dia berharap masyarakat yang menyalurkan kurbannya melalui NU Care-LAZISNU Kota Tangerang lebih meningkat, sehingga kehadiran NU bisa dirasakan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat yang dalam kondisi serba kesulitan.

 

Ketua NU Kota Tangerang, KH Dedi Mahfudin mengapresiasi program yang diwujudkan oleh NU Care-LAZISNU Kota Tangerang. Kiai Dedi meminta NU Care-LAZISNU Kota Tangerang untuk lebih proaktif mengajak kepada semua kalangan pengurus NU untuk saling bersinergi guna berkontribusi dalam mengatasi Covid-19. 

 

"Saya mengajak kepada semua pengurus NU, secara internal mulai dari Banom, lembaga, MWC hingga pengurus ranting bahu membahu membantu masyarakat yang tengah kesulitan karena pandemi. Karena kondisi saat ini semua lapisan masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan," kata Kiai Dedi. 

 

Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online