Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
DIKLAT MENULIS

Undang Calon Kontributor, NU Online Kembali Buka Kelas Jurnalistik

Undang Calon Kontributor, NU Online Kembali Buka Kelas Jurnalistik
Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, NU Online

Situs resmi Nahdlatul Ulama NU Online akan kembali mengadakan Kelas Menulis Jurnalistik secara daring. Kelas berlangsung dalam delapan pertemuan setiap Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB mulai 14 Agustus-2 Oktober 2021.

 

Seperti pada penyelenggaraan kelas jurnalistik sebelumnya pada November 2020 lalu, pelatihan diadakan untuk memberikan keahlian dan kecakapan kepada kontributor NU Online maupun calon kontributor NU Online di bidang kewartawanan. Selesai mengikuti kelas menulis ini, peserta diharapkan memiliki pemahaman, pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang memadai dalam hal penulisan jurnalistik.

 

Dalam kelas menulis ini, dibahas antara lain dasar-dasar jurnalistik meliputi jurnalisme online, tugas pewarta, tata cara penulisan warta, reportase, teknik wawancara, dan penyuntingan tulisan. Dalam kelas, peserta diajak menguasai berbagai teori kewartawanan melalui praktik menulis atau langsung terjun ke lapangan. Tujuannya agar peserta memiliki kemampuan dasar untuk menjadi pewarta.

 

Pendekatan pembelajaran yang dilakukan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, pemecahan masalah, dan pendampingan menulis. Peserta juga diberikan tugas penyajian karya jurnalistik berupa warta dan praktik wawancara.

 

Penyelenggaraan kelas jurnalistik kali ini agak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, terutama tidak ada batasan usia bagi calon peserta, serta membuka peluang keikutsertaan masyarakat umum.

 

Usai pelatihan ini, peserta akan mendapatkan sertifikat, berjejaring dengan penulis NU Online, dan berkesempatan menjadi kontributor tetap NU Online maupun media-media jaringan NU Online.

 

Untuk mengikuti kelas ini dikenakan biaya Rp400.000. Namun, peserta yang mendaftar hingga 7 Agustus 2021 cukup membayar Rp250.000. Panitia juga mempersilakan peserta yang menyertakan surat rekomendasi dari pengelola website PWNU/PCNU atau pengurus PCNU setempat. Peserta yang menggunakan surat rekomendasi tersebut cukup membayar biaya Rp150.000.

 

Pembayaran biaya kelas dapat dikirim ke rekening BRI a.n PBNU QQ NU Online 0335-01-001-318-308. Calon peserta diharapkan mendaftar melalui tautan bit.ly/KelasJurnalistikNUO2021Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat, uang pendaftaran akan dikembalikan dengan potongan Rp10.000 sebagai biaya administrasi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung: 0889-0546-7739.

 

Kelas menulis jurnalistik melengkapi beberapa pelatihan lainnya yang diadakan NU Online. Antara lain kelas menulis keislaman, kelas penulisan feature, dan kelas desain grafis. Alumni kelas-kelas tersebut saat ini telah terlibat sebagai kontributor, pewarta, maupun penulis di NU Online.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online