Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Program Vaksinasi PCNU Tangsel Peduli Sasar Pesantren Al-Tsaniyyah Serpong

Program Vaksinasi PCNU Tangsel Peduli Sasar Pesantren Al-Tsaniyyah Serpong
Ketua Satgas NU Tangsel Peduli Kemanusiaan, Ahmad Syamsuddin (berompi hijau) membagikan sembako kepada peserta vaksinasi. (Foto: Dok. Satgas NU Tangsel Peduli)
Ketua Satgas NU Tangsel Peduli Kemanusiaan, Ahmad Syamsuddin (berompi hijau) membagikan sembako kepada peserta vaksinasi. (Foto: Dok. Satgas NU Tangsel Peduli)

Tangerang Selatan, NU Online
Program vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi NU Tangsel Peduli Kemanusiaan menyasar masyarakat Kota Tangerang Selatan. Kegiatan dipusatkan di Pesantren Al-Tsaniyyah , Setu, Serpong, Tangsel melalui program Jaga Kiai, Senin (2/8/2021).


Ketua Satgas NU Tangsel Peduli Kemanusiaan, Ahmad Syamsuddin, kepada NU Online mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kiai, santri, wali santri, dan masyarakat sekitar pesantren.


“Kami turut ambil bagian dalam vaksinasi ini sebagai satu ikhtiar lahir kita bersama. Sebab, kiai dan santri adalah aset bangsa yang harus dijaga. Semoga kita bisa terus konsisten melanjutkan program-program kemanusiaan seperti ini,” kata Syamsuddin.


Pria asal Jepara Jawa Tengah ini mengatakan, masyarakat tampak antusias mengikuti program vaksinasi gratis ini. Tercatat sebanyak 750 peserta sebagaimana dilaporkan panitia.


“Terdiri dari pimpinan pesantren, santri, wali santri, para ustadz, dan masyarakat sekitar Pesantren al-Tsaniyyah Setu,” ujar peraih penghargaan perdamaian dunia di Korsel 2016 ini melalui sambungan telepon, Selasa (3/8).


Di lokasi vaksinasi, Ketua PCNU Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud mengatakan bahwa PCNU Kota Tangsel memiliki komitmen tinggi terhadap program kesehatan. Sejak pertama kali pandemi masuk Indonesia, PCNU langsung bergerak.


“Berbagai program kami gulirkan seperti dekontaminasi lingkungan melalui penyemprotan disinfektan, pembagian masker, vitamin, serta penyuluhan kesehatan di masjid dan pesantren,” ungkapnya. 


PCNU Kota Tangsel, lanjut Kiai Mas’ud, juga mendirikan klinik pertama yang diberi nama NU Care Medical Center (CMC) di Pesantren Jamiyah Islamiyah. “Alhamdulillah, kita juga telah mendirikan NU CMC pertama. Ke depan, akan banyak pesantren yang akan didirikan NU CMC,” ungkapnya. 


Menurut Kiai Mas’ud, seluruh kegiatan di pesantren ada di bawah koordinasi Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU). Ia berharap, melalui RMINU akan lahir program-program keumatan berbasis pesantren.


Ketua LKNU Tangerang Selatan Surotul Ilmiyah menambahkan, kegiatan vaksinasi Covid-19 merupakan sebuah keniscayaan bagi seluruh warga. Tak terkecuali masyarakat pesantren yang harus dijaga bersama.


“Program vaksinasi ini melibatkan para dokter dan nakes yang dimiliki PCNU melalui LKNU,” ujar kandidat doktor di  Xiangya School of Public Health, Central South University, Changsa, Hunan, Tiongkok ini. 


Kegiatan kolaboratif
Kapolres Kota Tangsel AKBP Iman Imanuddin saat memberi sambutan menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polres Tangsel dengan PCNU Kota Tangsel yang notabene ormas Islam terbesar di Indonesia.


“Kami sangat senang, dan ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Karena kegiatan diselenggarakan di pesantren, saya bisa silaturahim ke pak kiai dan bisa menyapa langsung para santri. Semoga kerja sama ini bukan yang terakhir,” ujarnya.


“Kami berharap ada pula program di masjid, musala, dan madrasah. Ini harus kita sentuh agar semua sehat dan kembali bisa beribadah, belajar, dan beraktivitas secara normal,” sambung Kapolres.


Kegiatan kolaborasi ini, lanjut dia, merupakan sebuah terobosan yang baik dari, oleh, dan untuk masyarakat. “Semoga para kiai, santri, dan masyarakat sekitar pesantren terhindar dari penularan virus Covid-19. Kita lakukan bersama pencegahan penularan virus ini agar Indonesia segera terbebas dari wabah,” tegasnya.  


Ketua Pelaksana Rizki Subagio mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena antusiasme masyarakat sangat baik. Sejak pagi, hari peserta vaksin sudah antre dengan tertib.


“Kegiatan pun terlaksana dengan lancar. Oleh karenanya, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama dalam mendukung kegiatan ini,” ujar Rizki.


Program ini terselenggara berkat kerja sama PCNU Kota Tangsel, Polres Tangsel, BAZNAS RI, NU Care-LAZISNU, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Tangsel, RMINU Tangsel, Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), Banser, dan HPN.


Di sela vaksinasi, juga digelar Deklarasi Pesantren Kuat Indonesia Hebat, NU Peduli Bersama Melawan Pandemi. Sejumlah tokoh hadir, antara lain Koordinator Satgas NU Peduli Covid-19 dr Makki Zamzami, anggota Banser Kecamatan Ciputat Timur, Ciputat, dan Serpong, serta para ketua lembaga dan banom di lingkungan PCNU Kota Tangsel.


Pewarta: Musthofa Asrori
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online