Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Ultah Ke-77, Gus Mus Luncurkan Buku ‘Awas Manusia’

Ultah Ke-77, Gus Mus Luncurkan Buku ‘Awas Manusia’
KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). (Foto: Dok. NU Online)
KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). (Foto: Dok. NU Online)

Jakarta, NU Online
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) berulang tahun ke-77 pada Selasa, 10 Agustus 2021. Tahun ini, ulang tahun Gus Mus bertepatan dengan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443. Melalui media sosial, ia mengabarkan pula bahwa tepat di hari ulang tahunnya diluncurkan buku ‘Awas Manusia’.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1443. Semoga di tahun baru ini hidup kita semakin baik 'indaLlãhi wa'indannãs,” tulis Gus Mus di akun Instagram @s.kakung dan Facebook Ahmad Mustofa Bisri, Selasa (10/8/2021). 
 

Gus Mus mengaku sebagai orang kuno yang tidak punya tradisi ulang tahun. Namun, ia merasa bahagia dan bersyukur karena terdapat doa dari banyak orang. Bahkan, ada saja sahabat Gus Mus yang sengaja membuat penyelenggaraan perhelatan ulang tahun. 


“Aku adalah orang koeno yang tidak punya tradisi u l a n g t a h u n. Tapi karena pergaulanku 'lintas era dan lintas usia', tiba-tiba di usiaku yang ke-70 ada saja kawan yang punya gagasan menyelenggarakan perhelatan Ulang Tahun Gus Mus,” katanya.


“Dan sejak itu, setiap tahun pada tanggal yang dipercayai sebagai hari kelahiranku, banyak orang menyampaikan Selamat Ulang Tahun kepadaku. Aku senang dan bersyukur terutama karena doa mereka yang tulus. JazãhumuLlãhu ahsanal jazãä,” tambah Gus Mus.


Kemudian, lanjutnya, ada sekelompok anak muda yang peduli terhadap pengembangan literasi anak-anak dan tergabung dalam komunitas Semesta Kreatif Alala, yang menerbitkan dan meluncurkan buku ‘Awas Manusia’ di hari ini, tepat pada 10 Agustus 2021. Buku untuk anak-anak tersebut pernah terbit pada tahun 1970-an oleh M Ustov Abi Sri, nama pena Gus Mus ketika itu. 


“Terima kasih untuk semua yang peduli dan mendoakanku. Doa-baikku selalu untuk kalian,” kata Gus Mus.


Salah satu kerabat yang menyampaikan ucapan dan doa di hari ulang tahun Gus Mus ke-77 itu adalah putri sulung KH Abdurrahman Wahid Alissa Qotrunnada Munawaroh atau Alissa Wahid, melalui akun Instagram @alissa_wahid


“Selamat ulangtahun ke-77, Abah @s.kakung. Semoga dikaruniai panjang usia dengan kesehatan terbaik, diberi kebahagiaan bersama keluarga, serta banjir berkah. Terima kasih telah berkenan menjadi Abah Bangsa, mengayomi umat yang membutuhkan, menjadi suara nurani rakyat yang jernih, dan membimbing jama'ah dan jam'iyyah Nahdlatul Ulama,” tulis Alissa.


Di Twitter, Alissa juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-77 untuk Abah, panggilan akrab buat Gus Mus. Alissa menyebut Gus Mus sebagai anugerah bagi umat yang butuh pemandu jalan dan teladan.


“Terima kasih menjadi anugerah bagi kami, umat yang membutuhkan pemandu jalan yang welas asih, menjadi teladan bagaimana mewujudkan Islam rahmatan lil alamin. Semoga Abah sehat bahagia dalam hidup yang penuh berkah,” tulisnya di akun @AlissaWahid.


Tak ketinggalan, Rais Syuriyah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia-Selandia Baru, KH Nadirsyah Hosen (Gus Nadir), juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 untuk Gus Mus. Gus Nadir mengunggah foto kenangan bersama Gus Mus dan Budayawan Gus Candra Malik saat hadir dalam pembukaan Muktamar NU di Jombang pada 2015 silam. 


“Selamat ulang tahun Abah Yai tercinta @gusmusgusmu. Semoga selalu sehat dan terus menerangi hati kami semua para santri, dengan ilmu dan keteladanan beliau. Amin Ya Allah,” tulis akun @na_dirs


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya