Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Untuk Pertama Kalinya Ansor Jepang Gelar Diklat

Untuk Pertama Kalinya Ansor Jepang Gelar Diklat
Foto: dok istimewa
Foto: dok istimewa

Ibaraki, NU Online 
Gerakan Pemuda Ansor di Jepang terus menggeliat. Ini dibuktikan termasuk dengan diadakannya Diklat Terpadu Dasar (DTD).

 

Diklat yang untuk pertama kali diadakan oleh GP Ansor Jepang ini diikuti 51 orang. Mereka berasal dari seluruh prefecture (provinsi) di Jepang.  DTD yang dipusatkan di Prefecture Ibaraki itu dibuka secara virtual oleh Sekjen Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Adung Abdul Rahman dan ditutup oleh Ketua Umum PP GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas.

 

Dewan Pembina PC GP Ansor Jepang, Yuda Iswahyudi kepada NU Online mengatakan acara yang dihelat tanggal 12-14 Agustus 2021 itu meliputi kategori in class dan out class. Kategori in class terkait dengan pembekalan yang diisi ceramah oleh pengurus PP GP Ansor, yaitu Aswaja oleh KH Aunullah A’la Habib, Ke-NU-an oleh Moesafa, ke-Ansoran oleh Ruchman Basori, dan Ke-Banseran oleh Hery BH. Kegiatan in class ini digelar di Masjid Al-Ikhlas Kandtasu, Ibaraki dan Masjid NU At-Taqwa Koga, Ibaraki.

 

"Semua itu disampaikan melalui Zoom. Sebenarnya kami sudah merancang untuk mendatangkan mereka langsung ke Jepang, namun masih terkendala Covid-19 di sini (Jepang)," ungkapnya.

 

Sedangkan kategori out class digelar di Tsukuba Camping Ground, meliputi kegiatan pelatihan baris berbaris, beladiri, bela negara, dan sebagainya. Tsukuba Camping Ground terletak di sebuah hutan di Ibaraki. 

 

"Kami sewa Tsukuba Camping Ground untuk kegiatan out class Ansor," jelas Yuda.

 

Pria asal Madiun, Jawa Timur itu berharap agar DTD dapat menambah wawasan bagi para peserta terkait dengan NU dan Ansor, sekaligus meningkatkan militansi para anggota Banser Jepang. Sebab, militansi memang dibutuhkan, lebih-lebih di negeri rantau. 

 

"Itu (DTD) di samping untuk memenuhi instruksi pusat (PP GP Ansor), juga untuk meningkatkan kemampuan fisik dan militansi anggota," terangnya.

 

DTD itu ditutup dengan pergelaran pembacaan shalawat di Masjid NU At-Taqwa Koga, Ibaraki. Acara yang mengusung titel Ansor Banser Jepang Bershalawat itu diisi dengan syukuran pelaksanaan DTD, Harlah pertama GP Ansor Jepang dan menyambut HUT RI.

 

"Alhamdulillah, sebelum menutup acara Gus Yaqut berkenan memberikan tausiyah," pungkas Yuda.

 

Pewarta: Aryudi A Razaq
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya