Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Muslimat NU Bangkalan Berikan Santunan untuk Anak Yatim dan Duafa

Muslimat NU Bangkalan Berikan Santunan untuk Anak Yatim dan Duafa
PC Muslimat NU Bangkalan
PC Muslimat NU Bangkalan

Bangkalan, NU Online

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang di dalamnya sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah, membahagiakan anak yatim, kaum duafa dan ibadah lainnya. Pada momentum seperti ini, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Bangkalan tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.


Tepat pada hari Kamis (26/08/2021) Pengurus Cabang Muslimat NU Bangkalan menyelenggarakan “Hari Sosial Muslimat NU” dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum duafa di sekitar Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Acara itu bertempat di Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil, Demangan, Bangkalan.


Adanya Pandemi Covid yang belum jua selesai menyebabkan acara santunan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan (Prokes), seperti memakai masker dan cuci tangan bagi semua pengurus dan undangan yang hadir saat itu.

 

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap satu tahun sekali. Hanya saja, acara pada tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya dilakukan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, tetapi tahun ini diundur beberapa hari dan dilaksanakan pada tanggal 17 Muharram, dikarenakan adanya beberapa kendala.


Acara yang biasa dihadiri oleh berbagai undangan se-Bangkalan, saat ini dilaksanakan dengan sederhana, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dihadiri oleh ratusan anak yatim dan duafa, mengingat adanya Covid-19 yang belum hilang.


“Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari seratus orang anak yatim dan delapan puluh kaum duafa’. Untuk anak yatim diambil dari dua puluh kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Dengan ketentuan, setiap kecamatan ada lima orang, sedangkan untuk kaum duafa di ambil dari anggota dan partisipan Muslimat NU Bangkalan.” ungkap Wakil Ketua Muslimat NU Bangkalan Nyai Hj Luluk.


Acara ini di mulai dari pukul 11:00 WIB sampai jam 13:00 WIB, dan berlangsung dengan khidmat. Kegiatan diawali dengan pembacaan istighasah bersama, pembacaan Maulid Syaraful Anam. Kemudian, acara dilanjutkan dengan santunan kepada anak yatim serta kaum duafa dengan memberikan sembako yang diberikan secara langsung oleh Nyai Hj Muthmainnah Aschal, Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Bangkalan.


“Dengan adanya santunan ini kita bisa saling membantu, bisa saling merasakan, bisa saling punya rasa peduli kepada sesama terutama kepada anak yatim dan kepada para duafa khususnya yang terkena imbas Covid-19, dan semoga tahun depan bisa lebih meningkat lagi,” kata  Nyai Hj Zainah, sekretaris PC Muslimat NU Bangkalan.


Sebab, lanjutnya, jika tahun kemarin hanya mampu memberikan santunan kepada seratus orang, sekarang bisa sampai seratus delapan puluh orang. “Dan tahun depan bisa lebih berkembang lagi sehingga kami bisa memberikan manfaat kepada kaum Muslimat khususnya yang ada di Bangkalan,” harapnya.


Kontributor: Sunnatullah
Editor: Syakir NF

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya