Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

'Talent Pool' Fatayat NU DIY Wadahi Kreativitas Santri Nusantara

'Talent Pool' Fatayat NU DIY Wadahi Kreativitas Santri Nusantara
Sejumlah pengurus PW Fatayat NU DIY berpose bersama para Duta Santri tahun 2018 silam. (Foto: Dok. Fatayat NU DIY)
Sejumlah pengurus PW Fatayat NU DIY berpose bersama para Duta Santri tahun 2018 silam. (Foto: Dok. Fatayat NU DIY)

Jakarta, NU Online 
Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan Talent Pool Generasi Muda: Pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021. Acara bertema Santri Menjaga Bumi, Menebar Rahmat untuk Semesta ini bertujuan mewadahi kreativitas, intelektualitas, dan integritas santri di Nusantara.


Ketua panitia Duta Santri Nasional, Fetra Nur Hikmah, menilai Indonesia mempunyai potensi besar melahirkan santri pemimpin di masa datang yang memiliki perspektif Islam moderat. Hal itu, merujuk pada Pangkalan Data Pondok Pesantren Kementerian Agama, yang mencatat sebanyak 27.722 pesantren dan 4,17 juta santri tersebar di Indonesia. 


“Jumlah tersebut menjadi potensi yang besar dalam melahirkan santri pemimpin masa depan yang tidak hanya berakhlak mulia, tetapi moderat dan berperan bagi bangsa,” ungkap Fetra dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada NU Online, Kamis (2/9).


Menindaklanjuti hal tersebut, sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Santri Nasional 2021, PW Fatayat NU DIY bekerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI), Garda Fatayat NU DIY, PT Sri Rejeki Isman, dan Mardliyah Islamic Center UGM menyelenggarakan ajang Pemilihan Duta Santri Nasional, Santri Award, dan Festival Halal Fashion 2021. 


“Harapan kami, melalui tiga rangkaian kegiatan yang diwadahi dalam acara besar Duta Santri Nasional ini dapat menjadi rumah talenta para santri untuk tumbuh dan mengasah potensi hingga lahir role model santri yang menginspirasi," harapnya.
 

Role Model Santri
Dewasa ini, kata dia, tidak sedikit pertanyaan seputar siapa dan bagaimana kategori yang dapat dijadikan role model bagi para santri Indonesia. Karenanya, Pemilihan Duta Santri Nasional yang tahun ini merupakan kali ketiga (sebelumnya 2016 dan 2018), mencoba terus mencetak role model santri yang bisa menjadi inspirasi bagi santri lain. 


Ia memandang, potensi santri yang sudah tumbuh secara organik perlu diwadahi, diarahkan dan dikembangkan agar nantinya bisa menjadi influencer pada bidang pengabdian masyarakat yang digeluti dengan dakwah Islam yang ramah, toleran, moderat, berkeadilan, dan demokratis. 


“Berbagai potensi santri diwadahi dalam 7 kategori Pemilihan Duta Santri Nasional, yaitu bidang Agama; Diaspora; Budaya, Seni, dan Olahraga; Sains dan Teknologi; Kesehatan dan Lingkungan; Kewirausahaan; serta Politik, Sosial, dan Kemasyarakatan," bebernya. 


Diinformasikan, Pemilihan Duta Santri Nasional akan berlangsung sejak 1 Agustus 2021 sampai 5 September 2021 untuk tahap pendaftaran, dan berakhir pada 24 Oktober 2021 untuk grand final. Tahapan dalam pemilihan Duta Santri ini adalah tahap seleksi, digital bootcamp, karantina fisik, semi-final, dan grand final yang dijadwalkan pada puncak acara untuk peringatan Hari Santri Nasional 2021.


Kontributor: Syifa Arrahmah 
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya