Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Nyai adalah Ibu bagi Santri dan Masyarakat

Nyai adalah Ibu bagi Santri dan Masyarakat
Ilustrasi
Ilustrasi

Nganjuk, NU Online

Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama Kabupaten Nganjuk (PC RMI NU) Nganjuk mengadakan Silaturahim Bu Nyai dan Nawaning Se-Kabupaten Nganjuk dengan tema “Awal Bersatunya Bu Nyai Awal Kekuatan Negeri” pada Ahad (5/9/2021).


“Kegiatan ini merupakan respons nyata dari RMI Kab Nganjuk, terhadap pentingnya aliansi atau silaturahim para bu nyai pesantren agar terus terjalin,” Demikian sambutan Ridwan Baidlowi, selaku Ketua RMI kab Nganjuk.


Sebagai narasumber, Nyai Kuni Zakiyah Idris dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Pasuruan, menyampaikan bahwa nyai adalah kunci stabilitas pesantren saat sang kiai selain melayani santri juga khidmah di masyarakat.


Sementara itu, Nyai Mashlahatul Ammah dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas menambahkan bahwa nyai adalah ibu bagi para santri dan masyarakat. “Peran Bu Nyai adalah sosok ibu bagi santri dan masyarakat, di mana ibu adalah madrasah pertama bagi seorang anak. Menyentuh hal-hal sensitif yang terkadang tidak terjamah oleh seorang kiai,” katanya.


Silaturahim yang dilangsungkan secara virtual tersebut dihadiri lebih dari 60 nyai dan ning se-Kabupaten Nganjuk. Program ini merupakan salah satu program unggulan RMI NU Kabupaten Nganjuk yang dalam hal ini dibidani oleh Devisi Pemberdayaan Pesantren Putri yang dipimpin oleh Nyai Nihayatul Laili Yuhana, Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Quran Sawahan Nganjuk.


Ia berharap agar silaturahim ini akan terus terjalin dan terwujud dalam sebuah halaqoh Ibu Nyai dan Nawaning Se-Kabupaten Nganjuk yang akan diadakan secara luring setelah pandemi selesai. Dari itu, ia yakin akan muncul program-program yang akan menjadi embrio dari progres terwujudnya peran seorang nyai bagi pesantren dan maslahat umat mengingat pentingnya peran tersebut.


Pertemuan nyai ini telah digelar di berbagai daerah di seluruh Indonesia. PW RMI Jawa Timur menggelar kegiatan ini secara nasional pada Juli 2019 di Surabaya. Sementara itu, PW RMI Lampung pada Agustus 2019 di Pondok Pesantren Nurul Qodiri Lampung Tengah dan PW RMI Jawa Barat pada November 2019 di Pondok Buntet Pesantren Cirebon menyelenggarakannya dalam lingkup wilayah.


Editor: Syakir NF

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya