Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Seribu Santri Pasuruan Ikuti Vaksinasi LAZISNU

Seribu Santri Pasuruan Ikuti Vaksinasi LAZISNU
Vaksinasi kepada para santri di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021). (Foto: dok istimewa)
Vaksinasi kepada para santri di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (7/9/2021). (Foto: dok istimewa)

Pasuruan, NU Online
Sekitar seribu santri Pondok Pesantren Bayt al-Hikmah, Kota Pasuruan, Jawa Timur mengikuti kegiatan vaksinasi, Selasa (7/9/2021). Vaksinasi ini terselenggara berkat kerja sama NU Care-LAZISNU dan Indomaret melalui program vaksinasi untuk santri dan pelajar.

 

Kegiatan yang digelar di pesantren asuhan KH Nailur Rohman (Gus Amak), yang juga Ketua PCNU Kota Pasuruan ini, disaksikan secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan meski angka penyebaran Covid-19 terus mengalami penurunan, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada NU Care-LAZISNU dan Indomaret yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi di Pesantren Bayt al-Hikmah, Kota Pasuruan.


"Vaksinasi ini merupakan kerja sama semua pihak, baik pemerintah, NU maupun swasta. Jadi pemerintah sudah menyediakan vaksin, swasta bisa menyediakan lainnya seperti tambahan gizi untuk peserta atau lainnya," ujar Syaifullah Yusuf.

 

"Terima kasih atas partisipasinya saya sampaikan kepada NU Care-LAZISNU dan Indomaret untuk kegiatan vaksinasi di Kota Pasuruan," imbuhnya.

 

Penanggungjawab Kerja Sama NU Care-LAZISNU dan Indomaret, Slamet Tuharie menuturkan, kegiatan vaksinasi merupakan bagian dari implementasi program penyaluran donasi pelanggan Indomaret periode April-Juni 2021.

 

Sebelumnya, kegiatan serupa digelar NU Care-LAZISNU dan Indomaret pada 31 Agustus di Pesantren At-Turmudzi Pangandaran. "Setelah di Pangandaran dan di Pasuruan ini, vaksinasi masih akan digelar di beberapa daerah di Indonesia," ungkap Slamet.

 

Kegiatan vaksinasi tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan, Kapolres Kota Pasuruan, Kodim Kota Pasuruan, Bendahara NU Care-LAZISNU PBNU, Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Ketua PCNU Kota Pasuruan, Branch Manager Indomaret Cabang Malang, dan Deputi Branch Manager Operasional Indomaret Cabang Malang. 


Ciptakan kekebalan kelompok

Vaksinasi bertujuan turut mempercepat pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok. Dikutip dari laman who.int, herd immunity atau kekebalan kelompok ini merupakan proses yang dapat melindungi suatu populasi dari virus melalui imunisasi, jika ambang imunisasi tertentu tercapai. Proses ini sangat membantu, karena dapat membuat penyakit semakin jarang dan menyelamatkan nyawa.  

 

Vaksinasi kepada santri merupakan bagian dari pelayanan kepada pesantren. Jika para santri bebas Covid-19, upaya untuk melindungi para kiai dan pengasuh pesantrn akan mudah terwujud.

 

Editor: Kendi Setiawan

 

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya