Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Dua Menteri Hadiri Pelantikan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren Lampung

Dua Menteri Hadiri Pelantikan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren Lampung
Pengurus Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) Provinsi Lampung masa khidmat 2021-2026 resmi dilantik. (Foto: Istimewa)
Pengurus Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) Provinsi Lampung masa khidmat 2021-2026 resmi dilantik. (Foto: Istimewa)

Bandarlampung, NU Online
Pengurus Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) Provinsi Lampung masa khidmat 2021-2026 resmi dilantik. Pelantikan pengurus organisasi yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi dan bisnis di pesantren ini disaksikan dua orang menteri di Aula Bank Indonesia KPW Lampung pada Kamis (9/9).


Kedua menteri yang menyaksikan pelantikan ini adalah Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Kepengurusan Hebitren Lampung sendiri dilantik secara hybrid oleh Ketua Umum Hebitren Pusat KH Hasib Wahab Hasbullah.


Dalam pelantikan yang dibarengkan dengan acara pembukaan Lampung Begawi 2021 ini, Teten Masduki mendorong sinergitas akselerasi pemulihan ekonomi Lampung melalui pengembangan UMKM, pariwisata, ekonomi syariah dan digital. Hal ini diwujudkan oleh Kementerian UMKM dengan menargetkan UMKM go digital sampai 30 juta UMKM pada 2024.


Sementara Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 menjadikan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bertambah kuat melalui kolaborasi dan kreativitas untuk terus bertahan.


Sementara Ketua Umum Hebitren Lampung Hasanuddin Errezha mengatakan bahwa pesantren siap menjadi elemen untuk membangkitkan kembali perekonomian yang selama ini terdampak Covid-19. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman, saat ini pesantren tidak hanya mengajarkan para santri ilmu-ilmu agama.


Al muhafadzatu 'ala qadimishalih wal ahdzu bil jadid al-ashlah (mempertahankan hal lama yang baik dan mengambil hal baru yang lebih baik) menjadi spirit yang kuat agar pesantren tidak hanya mengajarkan keilmuan diniyyah saja, tetapi juga mengajarkan tentang ilmu-ilmu yang dibutuhkan di era millenial ini, salah satunya adalah ilmu bisnis atau ilmu ekonomi secara umum,” katanya.


Untuk mempertajam program-program Hebitren sekaligus meningkatkan kuantitas dan kualitas bisnis yang dikelola oleh pesantren, setelah pelantikan tersebut dilanjutkan dengan Musyawarah Kerja Wilayah yang dilaksanakan di Swiss-bell Hotel Bandar Lampung.


Selain diikuti oleh Pengurus Harian, Muskerwil tersebut juga dihadiri secara hybrid oleh Dewan Pakar, Dewan Pembina, dan Koordinator Daerah Se-Provinsi Lampung, serta perwakilan dari beberapa pesantren di Lampung.


Berikut susunan lengkap kepengurusan Hebitren Provinsi Lampung Masa Khidmat 2021-2026:


Dewan Pakar: Hj Heni Noviarita, H Ahmad Ikhwani, Erike Anggraini, Imam Musthofa, Firdaus Rejif Dewangga, H Muhammad Faizin.


Dewan Pembina: Prof. Alamsyah, KH Rafiq Udin, KH Suparman Abdul Karim, H Subandi, Hj Evi Ghazali, KH Endang A Arif.


Pengurus Harian: Hasanuddin Errezha (Ketua Umum), Syaikhul Ulum (Wakil Ketua 1), Wahid As’ary (Wakil Ketua 2), Lathoiful Ihsan (Wakil Ketua 3), Amin Udin el-Hady (Sekretaris Umum), Saiful Hasan (Wakil Sekretaris 1), Rofiq Hudawy (Wakil Sekretaris 2), Aliful Ma'rifah (Wakil Sekretaris 3), Tohir Muntoha (Bendahara Umum), Yusuf Muhammad (Wakil Bendahara 1),  Mudaris (Wakil Bendahara 2), dan Lucky Lukman (Wakil Bendahara 3).

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya