Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Online Buka Kelas Opini, Begini Syarat Mengikutinya

NU Online Buka Kelas Opini, Begini Syarat Mengikutinya
Ilustrasi: Kelas Opini NU Online bertujuan untuk membekali kontributor maupun masyarakat dalam menulis gagasan, pandangan, pendapatn pribadi terhadap suatu objek yang dicermati.
Ilustrasi: Kelas Opini NU Online bertujuan untuk membekali kontributor maupun masyarakat dalam menulis gagasan, pandangan, pendapatn pribadi terhadap suatu objek yang dicermati.

Jakarta, NU Online

Situs resmi NU Online akan mengadakan Kelas Menulis Opini secara daring. Kelas berlangsung dalam 4 pertemuan setiap Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB, tanggal 9-30 Oktober 2021.

 

Kelas Menulis Opini merupakan layanan dari kelas-kelas kepenulisan yang diadakan oleh NU Online sebelumnya. Kelas Menulis Opini diadakan untuk memberikan keahlian dan kecakapan kepada kontributor NU Online maupun calon kontributor NU Online dalam mengekspresikan pendapat, pikiran, pandangan, pendirian terhadap suatu objek yang dicermati.

 

Kelas Menulis Opini akan menghadirkan narasumber Fariz Alnizar, seorang kolomnis di media nasional yang juga dosen linguistik Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA). Dalam keseluruhan pertemuan, narasumber akan memberikan materi-materi untuk mengarahkan peserta agar memiliki pemahaman, pengetahuan, dan keahlian yang memadai dalam penulisan opini.

 

Pada pertemuan pertama narasumber akan mengajak peserta untuk mengenal jenis dan corak opini di media massa. Pertemuan kedua dibawakan materi memilih topik dan menentukan sudut pandang. Sementara pada pertemuan ketiga dan keempat narasumber akan membawa peserta untuk dapat menjahit gagasan dan menggambar kalimat, serta praktik menulis dan mengirim tulisan ke  media massa.

 

Usai mengikuti kelas, peserta akan mendapatkan e-sertifikat, berjejaring dengan penulis NU Online, berkesampatan menjadi penulis tetap NU Online maupun media-media jaringan NU Online, serta media lainnya.

 

Persyaratan
Secara umum penyelenggaraan Kelas Menulis Opini sama dengan penyelenggaraan kelas-kelas menulis sebelumnya yakni tidak memberikan batasan usia bagi pendaftar dan terbuka untuk khalayak umum.

 

Untuk mengikuti kelas ini peserta diharapkan mendaftarkan diri dan melengkapi persyaratan, yakni mengirimkan contoh tulisan opini sepanjang 500-800 kata. Pendaftaran dibuka 1 September dan ditutup 5 Oktober 2021. Biaya pendaftaran kelas ini adalah Rp200.000 (Dua ratus ribu rupiah). 

 

Namun, bagi peserta yang mendaftar 1-25 September 2021 cukup membayar Rp150.000. Sedangkan peserta dengan rekomendasi pengelola website PWNU, website PCNU, dan website pesantren cukup membayar Rp100.000.

 

Pembayaran biaya Kelas Menulis Opini NU Online dapat dikirim ke rekening BRI a.n PBNU QQ NU Online 0335-01-001-318-308.

 

Peserta akan diseleksi berdasarkan kelengkapan yang dikirimkan termasuk tulisan opini yang disertakan. Uang pendaftaran calon peserta yang tidak diterima akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar Rp10.000.

 

Semua kelengkapan dapat dikirimkan melalui bit.ly/kelasopininuo. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kelas ini dapat menghubungi narahubung 0889-0564-7739.

 

Kontributor: Luthfi Bagus Brilianto
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online