Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Fasilitasi Kader Pemilik UMKM, Ansor Kudus Luncurkan Aplikasi pasaranku.id

Fasilitasi Kader Pemilik UMKM, Ansor Kudus Luncurkan Aplikasi pasaranku.id
Aplikasi pasaranku.id karya GP Ansor Kudus. (Foto:; Dok. Ansor Kudus)
Aplikasi pasaranku.id karya GP Ansor Kudus. (Foto:; Dok. Ansor Kudus)

Kudus, NU Online
Kabar baik datang dari Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Kudus, Dasa Susila. Pasalnya, GP Ansor Kudus berhasil meluncurkan pasaranku.id, platform penjualan daring. Aplikasi itu dirancang untuk memfasilitasi para kader Ansor pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Kudus.


“Kami membuka kesempatan bagi kader Ansor Kudus yang memiliki UMKM untuk mendaftarkan produk-produknya di pasaranku.id,” kata dia kepada NU Online, Ahad (19/9/2021).


Dasa Susila menjelaskan, prosedur pendaftaran melalui sejumlah langkah. Pertama, para kader mengakses web https://pasaranku.id, kemudian pilih tombol masuk atau join.


“Setelah itu pilih menu daftar. Kemudian, isi data pendaftaran yang dibutuhkan lalu klik tombol daftar. Langkah berikutnya, bisa di klik tombol buat tokomu, selanjutnya klik mulai,” terangnya.


Kemudian, lanjut dia, mengisi form pendaftaran toko dan klik 'kirim'. Jika berhasil maka muncul notifikasi Vendor Account Activates Succesfully, yang menunjukkan toko sudah berhasil dibuat dan selanjutnya tinggal memasukkan produk.


Dasa menambahkan, semua kader Ansor atau kader NU lainnya dapat mendaftar tanpa syarat khusus.


“Usaha apa saja dapat dipasarkan di sana, seperti produk minuman kopi, minuman herbal, makanan ringan, konveksi, jasa, produk pertanian, peternakan, perikanan dan masih banyak lainnya,” ungkap Dasa.


Melek teknologi
Mengenai latar belakang membuat platform tersebut, Dasa menjelaskan bermula dari keinginan PC GP Ansor Kudus untuk memaksimalkan potensi UMKM para kader Ansor yang ada di pelosok daerah.


“Melihat geliat UMKM kader Ansor yang mulai tumbuh, ditambah sektor UMKM turut serta menyumbang ekonomi pada situasi pandemi. Apalagi kondisi seperti ini memaksa proses transaksi berbasis digital,” ungkapnya.


“Jadi, pasaranku.id ingin memberi pesan kepada seluruh kader bahwa hari ini kita harus melek teknologi. Segala fasilitas dapat dimanfaatkan dengan baik,” imbuh Dasa Susila.


Ia menegaskan, aplikasi pasaranku.id sudah dapat diunduh melalui Play Store, sehingga memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Ke depan, akan dikembangkan lebih luas untuk pelaku UMKM dari kalangan masyarakat umum agar dapat bergabung memasarkan produknya di pasaranku.id.


“Kami memiliki tim tersendiri dari kader Ansor untuk mengembangkan dan mengurusi hal-hal terkait sistem,” pungkasnya.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya