Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Harlah Ma'arif NU, Sekjen PBNU Soroti Minat Baca yang Rendah

Harlah Ma'arif NU, Sekjen PBNU Soroti Minat Baca yang Rendah
Peringatan Harlah Maarif NU. (Foto: istimewa)
Peringatan Harlah Maarif NU. (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Sekretaris jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H.A.Helmy Faishal Zaini menghadiri tasyakuran hari lahir ke-92 Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU di Gedung Ma'arif NU, Grogol, Jakarta Barat, Ahad (19/9/2021). Harlah LP Maarif diselenggarakan hybrid yang dihadiri seluruh elemen LP Maarif se Indonesia. 

 

"Kami ucapkan selamat harlah ke-92 tahun. Ke depan LP Ma'arif NU diharapkan selalu mengambil peran dalam kemajuan pendidikan Nahdliyin," tutur Helmy Faishal saat memberikan sambutannya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Helmy menyampaikan data UNESCO minat baca Indonesia yang memprihatinkan. Dikatakannya data tersebut menunjukkan hanya 0,001 persen minat baca Indonesia. 

 

"Jadi dari 1000 orang hanya 1 orang yang memiliki minat baca tinggi. Ini menjadi tugas rumah LP Ma'arif agar 0,001 itu warga kita bukan sebaliknya," tutur pria kelahiran Cirebon ini.

 

Helmy berharap LP Maarif membuat terobosan yang bisa mendongkrak minat baca. Misalnya dengan mengadakan lomba dan memberikan panghargaan dengan menjadikan membaca sebagai salah satu indikatornya.

 

"LP Ma'arif NU bisa memberikan penghargaan kategori indeks membaca tinggi dengan kriteria misal siswa seminggu sudah menghabiskan dua buku bacaan," ujarnya.

 

Rendahnya minat baca, kata Helmy, juga akan menyebabakan kemampuan inovasi masyarakat menjadi rendah. "Padahal, inovasi adalah kunci kemajuan bangsa," tegasnya.

 

PBNU dukung Gerakan Kepramukaan lewat Sako Ma'arif

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen Helmy juga menerima penghargaan tanda jasa Darma Bakti dari Kwarnas Pramuka yang kembali diserahkan oleh Ketua LP Ma'arif NU H Zainal Arifin Junaidi.

 

Diketahui penghargaan tersebut diberikan Kwarnas Pramuka pada peringatan Hari Pramuka 14 Agustus 2021. Ada tiga tokoh yang menerima penghargaan tersebut yakni Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, Ketua LP Maarif NU H Zainal Arifin Junaidi, dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU menerima penghargaan itu diberikan atas dedikasi yang diberikan dalam mendukung pendirian. 

 

"Terima kasih saya ucapkan atas tanda jasa ini, PBNU akan terus mendukung gerakan-gerakan kebaikan melalui Sako Maarif NU. Teruslah menanam kebaikan di setiap hati manusia," ujar Helmy saat menerima penyematan Lencana Darma Bakti itu. 

 

Ia menambahkan bahwa LP Ma’arif memiliki komitmen yang kuat untuk membentuk karakter peserta didik di lingkungan NU melalui organiasi kepanduan seperti Pramuka.

 

"NU akan terus komitmen menginternaliasi karakter kepanduan melalui berbagai upaya kepada seluruh siswa yang mengenyam pendidikan di satuan pendidikan Ma’arif NU," tegas Helmy.

 

Ketua LP Ma’arif PBNU HZ Arifin Junaidi mengatakan bahwa Lencana Darma Bakti itu diberikan karena terdapat dukungan penuh dari PBNU atas berdirinya Sako Ma’arif NU. Peran sentral PBNU membuat Sako Ma’arif NU berkiprah secara nasional. 

 

"Pak Sekjen dan Kiai Said memberikan dukungan penuh Sako Maarif NU," kata pria yang akrab disapa Arjuna itu.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya