Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Mulai Digelar, Inilah Ragam Kegiatan Hari Santri 2021 NU Pringsewu

Mulai Digelar, Inilah Ragam Kegiatan Hari Santri 2021 NU Pringsewu
Hari Santri 2021 Kabupaten Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Hari Santri 2021 Kabupaten Pringsewu. (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Kondisi pandemi Covid-19 yang sampai dengan 2021 belum juga berakhir tidak menyurutkan antusias warga NU memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober mendatang. Berbagai kegiatan untuk menyongsong hari nasional yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015 ini sudah mulai dilaksanakan di berbagai daerah.


Seperti di Kabupaten Pringsewu Lampung, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama setempat telah mulai menggelar berbagai ragam kegiatan baik online maupun offline. Tepat satu bulan sebelum puncak acara, PCNU Pringsewu telah mulai mengawalinya dengan kegiatan Festival Film Santri secara online bertemakan “Santri Entrepreneur”.


“Kami ingin semangat memperingati hari santri terus dilanjutkan dan diwariskan pada generasi muda kita. Jangan sampai hari santri yang menjadi bagian sejarah kemerdekaan Indonesia berlalu begitu saja tanpa ada kesan,” harap Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufik Qurahim pada Rapat Kick Off Hari Santri 2021 di Gedung NU Peduli Kemanusiaan Pringsewu, Jumat (24/9).

 

 

Taufik menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan yang digelar tetap memegang prinsip kesehatan di tengah suasana pandemi. Untuk kegiatan yang dilakukan secara offline, pihaknya mengedepankan protokol kesehatan untuk menghindari paparan Covid-19. “Kegiatan yang memungkinkan bisa memanfaatkan teknologi internet, kita lakukan secara online,” tambahnya.


Pemanfaatan media internet khususnya media sosial saat ini memegang peranan penting dalam dakwah dan syiar. Oleh karenanya, kegiatan-kegiatan offline yang akan dilakukan di Hari Santri 2021 ini juga akan terus dipublikasikan melalui media sosial agar diketahui khalayak ramai tanpa batas waktu dan tempat.


“Untuk kegiatan yang offline juga akan kita publikasikan melalui media dengan menayangkannya secara live dari lokasi kegiatan dan akan disiarkan di berbagai platform media sosial milik PCNU Pringsewu,” ungkapnya.


Terkait dengan rangkaiannya, Taufik menjelaskan bahwa ada dua agenda acara yang akan dilaksanakan yakni agenda kompetisi dan agenda kegiatan. Ada sembilan agenda kompetisi yang bakal digelar baik untuk umum maupun khusus bagi santri pondok pesantren. Kompetisi tersebut meliputi: Festival Film, Festival Hadroh, Liga Santri U-18, Musabaqah Qiraatul Kutub, Solo Song, Musabaqah Tahfidzul Quran, Kompetisi Lalaran Nadhom, Kaligrafi Kontemporer, serta Festival Tumpeng dan Jajanan.

 

Petunjuk teknis perlombaan bisa diunduh di tautan ini: Petunjuk Teknis Kompetisi Hari Santri 2021 Kabupaten Pringsewu

 


Sementara agenda kegiatan yang akan digelar di antaranya meliputi: Semaan Al-Quran, Temu Alumni Pesantren, Gebyar Santri, Bakti Sosial, Sunatan Masal, Donor Danar dan Cek Kesehatan, Webinar Milenial, Bersih-Bersih Masjid, Sekolah Aswaja, Sedekah Bumi (Penghijauan), Shalawat Kubro, Ziarah Ulama, dan Apel Hari Santri.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya