IMG-LOGO
Warta

Pemerintah-Ormas Islam Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Ramadhan


Ahad 31 Agustus 2008 18:30 WIB
Bagikan:
Pemerintah-Ormas Islam Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Ramadhan
Jakarta, NU Online
Pemerintah, dalam hal ini Departemen Agama (Depag), bersama para pimpinan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam di Indonesia menggelar Sidang Isbat di gedung Depag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Ahad (31/8) pukul 18.30 WIB.

Sidang untuk menentukan 1 Ramadhan yang menandai dimulainya ibadah puasa bagi umat Islam itu diawali presentasi oleh Cecep Nur dari Badan Hisab dan Rukyat. Menurutnya, pada pukul 02.59 WIB, sudah terjadi konjungsi. "Usia bulan sudah cukup tua," katanya.<>

Sementara, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Depag, Nasaruddin Umar, mengatakan, wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua tengah dipayungi mendung. Karena itu, hingga kini, hilal (bulan) untuk menentukan awal bulan Ramadan belum terlihat.

"Sekarang seluruh wilayah Indonesia lagi mendung. Di Indonesia bagian timur belum ada tim pun yang berhasil melihat bulan," ujar Nasaruddin.

"Ada 20 tim yang telah melaporkan. Namun, belum satu pun yang melihat (hilal)," imbuh dia di sela-sela sidang isbat.

Menurut Nasaruddin, kini tinggal menunggu apakah hilal akan menampakkan diri di Indonesia bagian barat. Seluruh ormas Islam termasuk Nahdlatul Ulama (NU) tengah sibuk menunggu informasi dari tim masing-masing.

"Tim Pengurus Besar NU ada 55 tim. Ormas-ormas Islam yang lain juga sedang sibuk menunggu info dari tim masing-masing," pungkasnya. (nam/rif)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG