IMG-LOGO
Warta

Pemanfaatan Gadai Syariah di Jateng Cukup Besar


Kamis 16 Oktober 2008 18:20 WIB
Bagikan:
Pemanfaatan Gadai Syariah di Jateng Cukup Besar
Semarang, NU Online
Minat masyarakat di daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memanfaatkan pegadaian syariah cukup besar, hal itu terbukti dengan besarnya penyaluran kredit pegadaian tersebut.

Kepala Humas Perum Pegadaian Kanwil Jateng dan DIY, Ambardi di Semarang, Kamis, mengatakan, penyaluran kredit pegadaian syariah di daerahnya sejak Januari hingga Agustus 2008 mencapai Rp83,37 miliar dari target yang ditetapkan sebanyak Rp113,11 miliar.<>

Ia mengatakan, pihaknya optimistis target penyaluran kredit pegadaian syariah tahun 2008 di wilayahnya yang berjumlah tujuh cabang pegadaian syariah dan enam unit pelayanan syariah tersebut dapat terpenuhi, bahkan diharapkan bisa melampaui.

Keyakinan tersebut karena minat masyarakat terhadap pegadaian syariah ini cukup besar, bahkan masyarakat yang saat menjelang Lebaran banyak menebus barang jaminan untuk dipakai Lebaran, pascaLebaran ini banyak yang menggadaikan kembali.

Bahkan, kata dia, menjelang musim tanam padi, paceklik nelayan, perayaan Natal, dan tahun baru 2009 diperkirakan juga banyak masyarakat yang memanfaatkan pegadaian mencari dana segar untuk menambah modal usaha atau keperluan lain.

Dana pinjaman nasabah pegadaian di wilayahnya, kata dia, sekitar 80 persen digunakan kegiatan usaha seperti menambah modal usaha atau membuka usaha kecil dan selebihnya digunakan untuk keperluan kebutuhan konsumtif termasuk biaya pendidikan.

Setiap menjelang tahun ajaran baru pendidikan masyarakat di wilayah kerjanya banyak yang mencari dana untuk biaya pendidikan dengan memanfaatkan pegadaian kemungkinan karena nasabah merasa cocok dengan sistem gadai ini, prosesnya mudah, dan cepat.

Pegadaian syariah yang ada di Kanwil Jateng dan DIY sekarang ini meliputi Cabang Majapahit Semarang, Pekalongan, Jepara, Gayamsari Semarang, Kusumanegara (DIY), Melati (DIY), dan Cabang Pegadaian Syariah Solo Baru Sukoharjo. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan mendekatkan kepada masyarakat kini juga membuka unit pelayanan syariah (UPS) di beberapa tempat, seperti di Kota Semarang ada tiga tempat, Pekalongan dua tempat, dan Solo satu tempat, katanya. (ant)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG