Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Idul Adha di Samin Jatim Tanpa Kurban

Idul Adha di Samin Jatim Tanpa Kurban
Bojonegoro, NU Online
Perayaan hari raya Idul Adha di komunitas masyarakat Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Jawa Timur, tanpa menyembelih ternak kurban.

"Iduladha tahun ini kami tidak menyembelih ternak kurban, kalau Idul Adha tahun lalu ada masyarakat yang berkurban tiga ekorkambing , " kata tokoh pemuda komunitas masyarakat Samin di Dusun Jepang, Moch.Miran (45).<>

Menurut dia, di tahun-tahun sebelumnya selalu ada masyarakat setempat yang berkurban yang selanjutnya disembelih dan dibagikan secara merata kepada seluruh warga Dusun Jepang yang jumlahnya sekitar 274 KK.

"Setiap tahun selalu saya yang menyembelih kambingnya, " katanya.

Moch. Miran tidak tahu pasti penyebab masyarakat setempat tidak ada yang berkurban ternak. Hanya diperkirakan tidak adanya masyarakat yang berkurban ternak, karena faktor kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat setempat.

Dia menjelaskan, meski tidak ada masyarakat yang berkurban ternak pelaksanaan salat Iduladha tetap digelar di Masjid Al Huda di desa setempat. (ant)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya