Istighosah Tiga Tahun Lumpur Lapindo

Istighosah Tiga Tahun Lumpur Lapindo
Sidoarjo, NU Online
Puncak peringatan tiga tahun lumpur lapindo diadakan dengan menggelar istighosah di perumahan Kahuripan Nirwana Village (KNV) Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (29/5) tadi malam (29/8).

Doa bersama itu dikuti sekitar 1.000 orang korban lumpur dari berbagai elemen seperti gabungan korban lumpur lapindo (GKLL), warga KNV dan juga gerakan pendukung keputusan presiden (geppres).<>

Meski sempat diwarnai hujan, namun istighosah berjalan lancar. "Alhamdulilah acaranya bisa berjalan lancar meski sempat turun hujan," kata Surahman salah seorang panitia.

Hujan yang turun di lokasi mengakibatkan beberapa bagian tenda mengalami kebocoran, sehingga panitia acara harus menyediakan ember di beberapa titik guna menampung bocoran air.

Acara yang digelar mulai pukul 19.30 WIB itu sesi pertama diisi dengan pemutaran film dokumenter berjudul "Keikhlasan Tanpa Batas" berdurasi sekitar 45 menit.

Di Jakarta, Korban lumpur Lapindo yang tergabung dalam Gerakan Menuntut Keadilan Korban Lapindo akan menggelar aksi "Jumat Hitam" di berbagai tempat di wilayah DKI Jakarta, sepanjang Jumat hingga waktu malam hari.

Menurut pihak Polda Metro Jaya di Jakarta, terdapat aksi unjuk rasa yang akan berlangsung di ibukota sejak pukul 13.00 WIB yang direncanakan akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB.

Rute dari para peserta unjuk rasa tersebut dimulai dari kawasan Pasar Festival Kuningan di Jalan HR Rasuna Said, menuju daerah Menteng, dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Aksi yang dilakukan Gerakan Menuntut Keadilan Korban Lapindo dimulai di Jalan HR Rasuna Said karena terdapat berbagai aset berupa bangunan milik Bakrie Group di daerah tersebut. (sam/nam)
BNI Mobile