Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Politisi PKB: Klub Poligami Bisa Timbulkan Persoalan

Politisi PKB: Klub Poligami Bisa Timbulkan Persoalan
Jakarta, NU Online
Peluncuran klub poligami asal Malaysia, Poligami Ikhwan, terus menuai kritik. Diluncurkannya klub ini ke publik dikhawatirkan akan menarik para pria yang tadinya tidak berniat, justru malah melakukan poligami.

Demikian dikatakan politisi Partai Kebangkitan bangsa (PKB)  yang juga seorang aktivis perempuan Nursyahbani Katjasungkana di Jakarta, Senin (19/10). Menurutnya peluncuran tersebut adalah hal yang memprihatinkan.<>

"Saya merasa prihatin kalau dikampanyekan di publik seperti itu. Itu bisa menimbulkan persoalan," kata Nursyahbani.

lebih lanjut, Nursyahbani memaparkan, kehadiran klub Poligami Ikhwan bukanlah hal yang baru secara ide. Pengusaha Ayam Bakar Wong Solo, Puspo Wardoyo, juga memprakarsai dibentuknya komunitas serupa bernama Masyarakat Poligami Indonesia (Mapolin).

Dalam pandangannya, selama tidak dikampanyekan, keberadaan komunitas poligami tetap harus dihormati. Alasannya, poligami masih mempunyai dasar hukum yakni UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

"Namun Masalahnya UU Perkawinan kita masih memperbolehkan poligami atas seizin istri," kata mantan anggota DPR dari PKB itu seperti dilansir situs detik.com.

Sehingga, lanjutnya, yang perlu dilakukan adalah dengan pendekatan kultural keagamaan. Misalnya, lewat para ulama yang mempunyai tafsir menentang poligami.

"Ulama kan ada yang mengatakan boleh dan ada juga yang mengatakan tidak," tegas mantan Direktur LBH Apik ini. (min)
BNI Mobile