Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Persiapan Operasional Haji Sudah 90 Persen

Persiapan Operasional Haji Sudah 90 Persen
Jakarta, NU Online
Musim haji semakin mendekati waktunya. Seluruh embarkasi di beberapa wilayah tengah melakukan persiapan. Termasuk di Embarkasi Jakarta Pondok Gede. Mereka telah melakukan persiapan operasional haji hingga 90 persen.

"Insya Allah kami sudah siap. Berbagai persiapan sudah dilakukan hampir sembilan puluh persen," jelas Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Makhrus, di Gedung Utama Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (20/10).<>

Menurut Makhrus, pihaknya telah menyiapkan akomodasi untuk para calon jamaah haji dan petugas. Kami siapkan makan, penginapan, pembinaan dan pembekalan untuk mereka.

"Jamaah haji kloter 1 mulai masuk asrama tanggal 22 Oktober, ada 49 kloter. Total jamaah haji di embarkasi ini 21.951 orang," katanya.

Lebih lanjut, Makhruz menambahkan, pihaknya juga melakukan koordinasi dan sharing antar lini. Untuk tahun ini, kata Makhruz, kami terapkan sistem satu atap. Semua kegiatan seperti pemberian living cost (uang untuk hidup) yang berasal dari uang yang disetorkan jamaah ke pemerintah, pemberian gelang identitas, maupun pemeriksaan kesehatan dilakukan semuanya di embarkasi dalam satu atap di gedung Serbaguna 2, Asrama Haji Pondok Gede.

"Ini dilakukan supaya jamaah merasa nyaman. Begitu sampai dipenginapan mereka langsung fokus ibadah tidak perlu mengurusi hal-hal seperti itu lagi," jelasnya.

Sistem ini merupakan kebijakan dari Asrama Haji Pondok Gede. Makhruz mengakui memang agak repot namun sedang dipersiapkan semuanya.

"Memang tidak ada dalam UU No 13 tahun 2008, tapi ini cara kami untuk mempermudah jamaah haji," katanya. (min)
Posisi Bawah | Youtube NU Online