Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Gus Dur Sudah Isyaratkan akan Berpulang

Gus Dur Sudah Isyaratkan akan Berpulang
Jombang, NU Online
Bukan hanya politisi, ulama atau budayawan, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh mistik. Sebagian orang meyakini cucu KH Hasyim Asy’ari ini sebagai wali. Menjelang meninggalnya, Gus Dur juga telah menyampaikan isyarat akan berpulang ke rahmatullah.

Salah satu isyarat adalah ia berziarah ke makam kakeknya, KH Hasyim Asy’ari, meskipun saat itu kondisinya sedang sakit. Mantan ketua umum PBNU ini juga mengatakan akan berkunjung ke Jombang tanggal 31 Desember.<>

Semua itu baru terkuat dan terangkai menjadi sebuah isyarat yang jelas serta menunjukkan kualitas seorang Gus Dur saat ia benar-benar meninggal. Keluarga dan kolega baru ngeh akan pesan yang disampaikan.

"Saya tanggal 31 Desember akan kembali ke sini (Jombang,red)," kata salah satu kerabat Gus Dur yang bernama Agus Muhammad Zaki meniru perkataan Gus Dur, Kamis (31/12).

Salah satu putrinya, Alissa Wahid mengaku ayahnya sempat bertutur bahwa dirinya dipanggil kakeknya, KH Hasyim Asy'ari. Namun Alissa mengaku sama sekali tidak paham dengan isyarat tersebut.

"Waktu bapak di Jombang, bilang sama saya. 'Saya kok merasa dipanggil oleh Mbahmu, Hasyim Asy'ari. Apakan peristiwa ini artinya itu," tuturnya saat jumpa pers di rumah duka, Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (31/12) dini hari.

Menjelang saat-saat sakaratul maut Gus Dur, Alissa mengatakan prosesnya berlangsung sangat cepat. "Proses bapak meninggal Alhamdulilah sangat cepat dan lancar. Saat itu didampingi ibu, Mbak Inayah, dan Faris," imbuh Alissa. (mad)
Posisi Bawah | Youtube NU Online