IMG-LOGO
Trending Now:
Warta

Peduli Lingkungan, GP Ansor Depok Tanam 6000 Pohon


Ahad 10 Januari 2010 18:23 WIB
Bagikan:
Peduli Lingkungan, GP Ansor Depok Tanam 6000 Pohon
Depok, NU Online
Sebanyak 6000 pohon dari jenis belimbing dewa  dan alpukat di tanam secara simbolik oleh GP ansor Depokkegiatan tersebut kerjasama antara Kedutaan Besar Australia.

Rencananya akan dibagikan juga pupuk organik sebanyak 20 ribu kg kepada masyarakat di enam kecamatan Kota Depok (Cimanggis, Pancoran Mas, Sawangan, Beji, Sukmajaya, Limo) oleh PAC GP Ansor yang ada. Setelah penanaman akan ada pengawasan dan pemeliharaan dengan bekerjasama dengan IPB. Duta, Sawangan,Depok, Ahad (10/1).<>

Ketua GP Ansor Kota depok H. Badrudin AK, Spdi, mengatakan, Kota Depok telah mengalami perubahan yang pesat dengan banyaknya pembangunan yang semakin pesat, banyaknya aspalisasi, betonisasi, semenisasi, jumlah volume kendaraan yang meningkat tentunya berpengaruh pada keadaan cuaca. Suasana panas menyengat di depok merupakan akibat tercemarnya udara dan salah satu jawabannya melalui penghijauan dengan melestarikan lingkungan dan penanaman pohon. 

Badrudin menambahkan, “Jika keadaan suhu udara panas terus melanda dan ditambah jumlah kepadatan penduduk yang terus meningkat tidak menutup kemungkinan Depok  akan mengalami kesulitan air bersih. Air sungai tidak bisa lagi dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian karena tercemar berat, udara semakin kotor, panas dan sebagainya,” terangya pada wartawan.

Menurutnya, dengan permasalahan lingkungan tersebut GP Ansor merasa terpanggil untuk membantu masyarakat dengan mencarikan solusi diantaranya melalui pelestarian lingkungan yang asri dan sejuk. Berencana melakukan kegiatan intensifikasi pekarangan dan lahan tidur dengan memanfaatkan potensi unggulan lokal yaitu belimbing dan alpukat.

Dengan penaman pohon tersebut, diharapkan agar membangkitkan kesadaran masyarat khususnya generasi muda akan pentingnya pelestarian lingkungan. Ia menambahkan dengan penanaman pohon tersebut 3 tahun dapat diambil manfaatnya dan bernilai ekonomis bagi masyarakat.

Duta Besar Australia Bill Farmer mengatakan,”Kami sangat senang dengan adanya kerja sama dengna dua Negara antara Indonesia dan Australia terutama dalam bidang penghijauan. Pemberian 6000 pohon kepada masyarakat melalui GP Ansor Depok merupakan kegiatan yang baik dan kegiatan ini merupakan bagian directory programme atau pengembangan masyarakat guna meningkatkan kualitas hidup,” terang Bill yang mengaku orang tuanya juga petani.

Bill menambahkan, pihak Kedutaan Besar Australia tidak hanya menjalankan program penghijauan dengan mendonsikan tanaman ke berbagai tempat di Indonesia. Tapi juga memberikan donasi dalam program pelestarian hutan seperti yang ada di Kalimantan dan lainnya melalui Lembaga Swadaya Masyarakat. Usaha penghijauan dan pelestarian hutan merupakan bagian dari  gerakan untuk memerangi perubahan iklim secara global. Selain penanaman pohon juga program lain yang diakukan dengan melindungi satwa yang ada seperti orang utan, harimau dll.

Sekjen GP Ansor Pusat Malik Haromain mengatakan,”sudah saatnya pesantren yang ada peduli pada lingkungan dengan cara mengembangkan Fikih Lingkungan. Yaitu pengembangan kajian lingkungan seperti bagaimana hukum melestarikan lingkungan atau ancaman bagi orang yang merusak lingkungan. Diharapkan dari kerjasama  ini bisa berlanjut dan tidak hanya pada penghijauan saja, lebih lanjut pada empowering  dan sebagainya,”terang Malik yang juga sebagai anggota DPR RI.

Ketua PCNU Depok KH. Burhanuddin Marzuki mengatakan,” sebenarnya jumlah 6000 pohon masih kurang untuk masyarakat Depok, ini hanya sekadar pancingan. Harusnya kita mampu menanam sendiri tanpa harus minta kedubes dan kalau bisa penanaman pohon yang sudah jarang di tanam seperti tanaman Gowok, yang masyarakat sendiri sudah tidak mengenalnya lagi. Islam telah mengajarkan pelestarian lingkungan seperti sejak zaman Umar bin Khotob ada seorang kakek yang berumur 80 tahun menanam kurma yang diperuntukkan anak cucunya,”ujarnya.

Dalam acara penanaman secara simbolik 6000 pohon dengan rincian 3000 pohon belimbing dan 3000 pohon alpukat dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Depok, Kapolres, Dandim, tokoh masyarakat dan keluarga besar NU. Setelah acara langsung tanaman tersebut didistribusikan kepada masyarakat melalui PAC Ansor ke beberapa tempat diantaranya masyarakat sekitar dan 6 kecamatan. (mad)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG