IMG-LOGO
Warta

PCNU Jember Pakai Konvensi Untuk Jaring Cabub-Cawabup


Ahad 10 Januari 2010 19:24 WIB
Bagikan:
PCNU Jember Pakai Konvensi Untuk Jaring Cabub-Cawabup
Jember, NU Online
PCNU Jember benar-benar serius untuk terlibat langsung dalam Pilkada Juli mendatang. Buktinya, Ahad (10/1), segenap pengurus NU Jember, menggelar rapat untuk membahas mekanisme perekrutan calon yang akan dimunculkan dalam Pilkada nanti. Rapat tersebut dihadiri oleh 30 pengurus harian NU, dan  dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Jember, KH. Abdullah Syamsul Arifin,

Hasilnya, PCNU Jember akan menggelar konvensi untuk menentukan jago yang akan diusung. Konvensi tersebut akan dilaksanakan tiap-tiap MWC dengan melibatkan selurah ranting masing-masing.<>

Calon yang mmperoleh akumulasi suara terbanyak, akan diajukan sebagai calon bupati ataupun cawabup, tentu lewat parpol. “Atau kalau itu tidak memungkinkan, bisa saja  NU hanya jadi pendukung calon tertentu, yang punya komitmen  kepada NU,” ujar wakil Ketua PCNU Jember, H. Alfan Jamil, usai rapat.

Menurut Dosen Universitas Jember itu , jika penentuan dukungan atau pengusulan cabup-cawabup sudah lewat konvensi, maka diharapkan tidak ada pengurus yang saling tuding akibat keputusan yang diambil itu kelak. Misalnya, saling menyalahkan karena mendukung calon tertentu yang justru kalah.

“Itu (tidak saling menyalahkan) adalah harapan kita semua. Sehingga kalau menang ya menang bersama, dan kalau kalah juga bersama,” tukasnya.

Ia menyadari bahwa saat ini masih ada yang menentang keputusan itu. Dijelaskannya, mereka sebenarnya bukan tidak setuju, tapi belum paham yang dimaksud dengan kata-kata NU akan terlibat langsung dalam Pilkada.

Keterlibatan NU dalam Pilkada, katanya, hanya sebatas menwarkan jago kepada parpol pengusung, atau mendukung calon tertentu. Kemudian, setelah sang jago disetujui, atau dukungan ditentukan, maka seluruh warga NU wajib medukung jago tersebut. “Sebab, itu sudah keputusan warga NU sendiri melalui konvensi,” terang Alfan.

Sejauh ini, beberapa nama telah muncul di kalangan internal NU Jember. Diantaranya adalah Ir. H. Asmuji, MM (Direktur Politeknik Negeri Jember), Drs. H. Agus Lutfi (Dosen Unej) dan H. Saiful Islam (mantan anggota DPRD Jawa Timur). Mereka adalah pengurus harian PCNU Jember (ary).
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG