Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

JK: Jadi Pengusaha Bagian dari Sunnah Rasul

JK: Jadi Pengusaha Bagian dari Sunnah Rasul
Padang, NU Online
Nabi Muhammad adalah seorang saudagar dan seorang pengusaha, sedangkan isterinya Hadijah juga seorang pengusaha wanita, sehingga menjadi pengusaha merupakan bagian dari sunnah rasul. Karenanya, pekerjaan sebagai pengusaha dilihat dari sisi agama adalah posisi yang tinggi karena pekerjaan ini mengikuti sunah rasul.

Demikian dinyatakan mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dalam ceramah kewirausahaan dihadapan sekitar 1.000 mahasiswa Universitas Andalas di Padang, Jum'at (15/1).<>

Menurut JK, dilihat dari sisi budaya, tambahnya, ada suku bangsa tersendiri yang bangga dengan pengusaha termasuk di Minang (Sumatera Barat) dan di Sulawesi. Sedangkan prosentase pengusaha di Jawa termasuk sedikit, sehingga posisinya tidak pada level yang lebih tinggi. Di luar pulau Jawa, pengusahaan memiliki posisi yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, JK menuturkan, manusia dalam hidupnya mempunyai tujuan untuk mencapai kesejahteraan dan disela-sela pencapaian itu harus ada nilai tambah yang disebut dengan usaha dan kegiatannya adalah pengusaha.

"Kegiatan usaha pada dasarnya bisa dipelajari, namun tidak mudah mempelajari posisi pengusaha. Kalau menjadi pengusaha bisa dipelajari, maka gampang saja jadi seorang pengusaha, tinggal masuk fakultas ekonomi, tapi kenyataannya tentu tidak demikian," tutur JK.

Karena itu, menjadi pengusaha tidak ada urusannya dengan pendidikan karena siapa saja bisa menjadi pengusahaa tergantung apa yang ingin dikerjakan dan diusahakan. Pengusaha intinya tekad, tanpa syarat, dan teori yang banyak serta tidak perlu pula banyak baca buku, katanya.

"Jadi pengusaha itu harus punya kemauan, harga diri, dan hidup baik, sebab apapun yang dilakukan pasti ada resikonya," tamdas Kalla. (min)
BNI Mobile