Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Iran Hukum Gantung 2 Orang Atas Kerusuhan Pascapemilu

Iran Hukum Gantung 2 Orang Atas Kerusuhan Pascapemilu
Teheran, NU Online
Otoritas Iran menghukum mati dua orang atas kerusuhan yang timbul di negeri itu menyusul pemilihan presiden Juni 2009 lalu. Kedua orang yang dihukum mati itu termasuk di antara 11 orang yang telah divonis mati atas dakwaan mencakup moharebeh (melakukan perang terhadap Tuhan), upaya untuk menggulingkan pemerintah dan keanggotaan kelompok bersenjata.

Demikian diberitakan kantor berita mahasiswa Iran, ISNA dan dilansir Reuters, Kamis (29/1/2010). Eksekusi ini merupakan yang pertama dilakukan terkait insiden-insiden kerusuhan pascapemilihan presiden Iran pada Juni 2009. Kedua orang yang dieksekusi adalah Mohammad Reza Alizamani dan Arash Rahmanipour.<>

Menyusul pemilihan presiden Juni lalu, Iran mengalami krisis politik paling parah sejak revolusi Islam pada tahun 1979 silam. Dalam pemilihan itu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad kembali memenangi pemilihan dengan telak.

Namun kubu oposisi menuding pemilu tersebut telah berlangsung curang sehingga memberikan kemenangan kembali untuk Ahmadinejad. Aksi-aksi protes di jalan-jalan pun marak terjadi bahkan sempat menimbulkan kerusuhan yang menimbulkan korban jiwa. (min)

Warta Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya