Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

BJB Syariah Persiapkan Pengajuan Izin Operasional

BJB Syariah Persiapkan Pengajuan Izin Operasional
Jakarta, NU Online
Bank Jabar Banten (BJB) Syariah kini tengah mempersiapkan segala persyaratan untuk pengajuan izin operasional. Rencananya paling lambat BJB Syariah akan mengajukan izin operasional ke BI pada 8 Februari mendatang.

Ketua Tim Counterpart Spin Off UUS dan Pembentukan BUS Bank Jabar Banten, Rukmana, mengatakan pihaknya kini sedang menyiapkan seluruh item yang diperlukan untuk pengajuan izin operasional.<>

“Ada 13 item yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan izin operasional. Salah satunya kami sedang menunggu pengesahan akte pendirian perseroan terbatas (PT) dari Kementerian Hukum dan HAM,” kata Rukmana di Jakarta, Jum'at (29/1).

Sementara untuk item lainnya seperti daftar pemegang saham, penetapan direksi, rencana bisnis, strategi kelayakan, rencana korporasi, pedoman kerja, pemisahan unit usaha syariah dari bank umum konvensional, sistem dan prosedur kerja, neraca, infrastruktur SDM dan teknologi informasi telah siap.

“Semuanya sudah siap dan BI pun sangat mendukung karena jika ada kekurangan mereka langsung menghubungi dan kami pun berusaha untuk melengkapi,” ujar Rukmana. Pada Selasa (2/2), tambah Rukmana, pihaknya dan BI akan melakukan ujicoba teknologi informasi untuk memastikan segalanya berlangsung baik. Dalam jajaran direksi BJB Syariah nantinya akan terdapat empat orang yang seluruhnya berasal dari internal BJB.

Untuk melayani kebutuhan nasabah BJB Syariah memiliki enam kantor cabang, 15 kantor cabang pembantu dan 28 layanan syariah (office channeling). Tak menutup kemungkinan layanan syariah tersebut akan ditingkatkan menjadi kantor cabang pembantu jika mengalami perkembangan cukup baik.

“Kami juga berencana buka jaringan di Jakarta tetapi mungkin akan masuk di sekitar Bekasi atau Serang dulu,” papar Rukmana seperti dilansir Republika Online. BJB Syariah akan menjadi BUS Bank Pembangunan Daerah pertama yang akan beroperasi. (min)
Posisi Bawah | Youtube NU Online