IMG-LOGO
Warta

Lajnah Falakiyah PBNU Gelar Rapat Penyerasian Hisab


Selasa 9 Maret 2010 07:40 WIB
Bagikan:
Lajnah Falakiyah PBNU Gelar Rapat Penyerasian Hisab
Jakarta, NU Online
Lajnah Falakiyah PBNU menyelenggarakan rapat penyerasian hisab untuk tahun 2012 dan 2013, di Jakarta, Selasa (9/3) hari ini. Beberapa metode hisab yang akurat dari beberapa kitab serta beberapa metode kontemporer akan diserasikan sebagai bahan penyusunan almanak NU.

“Berbeda dengan rapat Badan Hisab Rukyat di Departemen Agama dimana semua metode dibiarkan saja apa adanya, namun dalam rapat Lajnah Falakiyah kali ini berbagai metode yang tahkiki (akurat) akan serasikan,” kata Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri dihubungi NU Online, Selasa (9/3).<>

Menurut Kiai Ghazali, rapat penyerasian hisab untuk tahun 2011 sudah selesai dilakukan pada Rakernas tahun lalu.

Rapat penyerasihan hisab kali ini mengundang para pengurus Lajnah Falakiyah PBNU dan beberapa ahli dan kader hisab-rukyat NU dari berbagai daerah.

Rapat penyerasian hisab ini rencananya akan berlangsung hingga Rabu. Sementara pada Rabu malam Lajnah Falakiyah PBNU akan meluncurkan Mobil Observatorium NU atau NUMO di halaman gedung PBNU, Jl Kramat Raya 164 Jakarta Pusat.

Lajnah Falakiyah bersama NUMO ini akan bergerak dari pesantren ke pesantren untuk memperkenalkan lebih jauh dunia astronomi kepada para santri. (nam)
Bagikan:
IMG
IMG