IMG-LOGO
Warta

Emil Salim: Santri Memiliki Peran Penting Jaga Keseimbangan Alam


Rabu 10 Maret 2010 18:27 WIB
Bagikan:
Emil Salim: Santri Memiliki Peran Penting Jaga Keseimbangan Alam
Jakarta, NU Online
Santri dan ulama sebagai bagian integral dalam masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam dan lingkungan. Sebagai salah satu unsur penggerak mobilisasi masyarakat, santri juga memiliki kekuatan yang sangat signifikan untuk turut menggerakkan masyarakat untuk penanggulangan dini atas terjadinya bencana alam.

Demikian dinyatakan Mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim dalam Halaqoh Pelestarian alam dan Perubahan Iklim dari Perpektif Islam yang diselenggaraakan oleh Community Based Risk Disaster Risk Management(CBDRM) NU di Jakarta, Rabu (10/3).<>

"Santri merupakan elemen yang sangat tangguh dalam membela alam. karena santri sebagai khalifah Allah di muka bumi memiliki ideologi yang bersumber dari Allah untuk membela alam," terang Emil.

Lebih lanjut Emil menjelaskan, dengan kekuatan jejaring sosial yang dimiliki, para ulama dan santri dapat menggerakkan masyarakat untuk selalu melindungi bumi dalam setiap aktifitas kehidupan dan sosialnya.

"Para santri dan ulama dapat menggerakkan masyarakat untuk menjaga sistem jejaring alam dan sosial untuk menjaga alam agar tidak terjadi bencana. Karena para santri dan ulama menjadi anutan masyarakat, maka perintah-perintah Tuhan akan sangat efektif menggerakkan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam," tandas Emil. (min)
Bagikan:
IMG
IMG