PBNU Kutuk Pembunuhan Muslim di Thailand Selatan

, PBNU Kutuk Pembunuhan Muslim di Thailand Selatan
, PBNU Kutuk Pembunuhan Muslim di Thailand Selatan

Jakarta, NU Online
PBNU mengutuk keras perlakuan keji aparat keamanan Thailand terhadap umat Islam di bagian selatan negeri gajah putih. Klaim-klaim bahwa mereka bandit pengacau keamanan hanyalah dalih sepihak sekedar untuk membenarkan tindakan aparat keamanan.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Wakil Katib PBNU Masdar F. Mas’udi menanggapi terbunuhnya 84 orang muslim pada 25-26 Oktober dalam sebuah gerakan protes yang diikuti oleh 1500 – 2000 orang terhadap penahanan enam orang sukarelawan tentara muslim.

<>

“Tindakan pembantaian terhadap orang-orang yang ada dalam keadaan lemah karena tengah menjalankan puasa sungguh bertentangan dengan kaidah masyarakat beradab manapun,” tandasnya.

Enam dari korban tersebut mati karena tembakan sedangkan 78 korban lainnya meninggal dikarenakan sesak nafas akibat berpuasa. Sekitar 300 orang diciduk dan diangkut enam truk militer dengan menempuh lima jam perjalanan antara Narathiwat dan Pattani. Terdapat diantara mereka yang lehernya patah.

“Tindakan seperti itu telah merobek tabir sutera yang selama ini menutupi wajah bangsa Thai, meski demikian, PBNU mengingatkan umat Islam dimanapun untuk tetap menahan diri untuk tidak melakukan tindakan amarah yang hanya akan memperkeruh suasana,” tambahnya.

Direktur P3M tersebut mengingatkan bahwa trategi itu dapat mengancam secara serius stabilitas keamanan dan persaudaraan regional, maka kepada pimpinan negara-negara asean, kiranya dapat segera mengambil inisiatif yang tepat dan mendasar untuk mencegah terulangnya kekejian serupa dimasa-masa mendatang.

Dengan jatuhnya korban-korban terakhir, sejak Januari lalu sudah 492 warga Muslim di provinsi-provinsi selatan Thailand tewas, termasuk  akibat bentrokan dan pengepungan mesjid bersejarah di Porvinsi Pattani dengan 108 korban tewas April lalu.(mkf)

 

BNI Mobile