ISLAH PARPOL BERBASIS NU (7)

Gagas Muktamar Akbar dengan 6000 Peserta

Gagas Muktamar Akbar dengan 6000 Peserta
Jakarta, NU Online
Islah partai politik berbasis NU dengan hasil yang maksimal dan menyeluruh untuk menyatukan seluruh komponen yang tercerai berai hanya bisa dilakukan dengan jika dilakukan secara komprehensif melalui sebuah Muktamar Akbar.

Lukman Edy, sekjen PKB yang menjadi pengagas Komite Islah menjelaskan, komite ini hanya bersifat ad hoc dan informal untuk menjembatani berbagai fihak dalam upaya menyelesaikan konflik, yang selanjutnya jika semua sepakat dibentuk panitia muktamar untuk menyelenggarakan Muktamar Akbar.<>

Terdapat tiga kelompok politik NU yang yang tercerai berai ini semuanya berakar dari PKB yang kini menjadi PKB Kalibata, PKB Ancol, dan PKNU yang masing-masing sudah memiliki jumlah kepengurusan sampai ke tingkat PCNU.

Mengapa disebut Muktamar Akbar, karena besarnya jumlah peserta yang akan terlibat. Setiap partai memiliki sekitar 500 cabang dan wilayah. Jika masing-masing mengirimkan empat perwakilan, sudah terdapat 2000 orang untuk setiap kelompok. Jika terdapat tiga kelompok yang bertikai, maka total pesertanya mencapai 6000 orang, belum termasuk para penggembira.

“Ini merupakan upaya melakukan rekonsiliasi secara total,” terangnya.

Seperti layaknya kongres atau muktamar, masing-masing pesertanya dapat memilih komisi yang akan diikuti, seperti komisi organisasi yang akan membahas AD/ART, komisi program dan komisi rekomendasi. Keterlibatan semua orang hanya dalam rapat pleno atau paripurna saja.

Lukman menjelaskan, jika dalam NU mengenal adanya ahlul halli wal aqdi, konsep seperti itu juga dimungkinkan jika peserta menghendaki.

Dengan jumlah peserta 6.000, muktamar ini akan menjadi rekor jumlah pesertanya dan dalam hal ini, hanya kota Jakarta yang mampu menyediakan fasilias untuk menampung jumlah ini. (mkf)
BNI Mobile