IMG-LOGO
Trending Now:
Warta

Pengajian Rabu Malam Kang Said Terbuka untuk Umum

Ahad 30 Mei 2010 10:16 WIB
Bagikan:
Pengajian Rabu Malam Kang Said Terbuka untuk Umum
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj pada setiap Selasa malam menggelar pengajian rutin yang diperuntukkan bagi para santri. Meskipun demikian, masyarakat umum juga bisa mengikuti acara ini.

Pengajian yang banyak membahas masalah sufi dan tawassuf ini sangat cocok untuk menata dan mengobati hati, terutama bagi mereka yang tinggal di Jakarta yang penuh dengan tekanan hidup.<>

“Pengajian Pak kiai Said itu dari hati ke hati, agar tidak membicarakan masalah politik atau yang lainnya saja, karena kalau yang politik kan yang disentuh otaknya,” tandasnya.

Pendekatan hati inilah yang membuat Kang Said percaya, ia akan mendapat amanah dari para pengurus NU untuk menjadi ketua umum PBNU selama lima tahun ini dalam muktamar ke-32 di Makassar Maret lalu. (mkf)
Bagikan:
Ahad 30 Mei 2010 20:7 WIB
SMK Maarif NU 01 Wanasari Lolos Verifikasi
SMK Maarif NU 01 Wanasari Lolos Verifikasi
Brebes, NU Online
Setelah melalui tahapan demi tahapan penilaian, akhirnya SMK Maarif NU 01 Wanasari Kabupaten Brebes dinyatakan lolos verifikasi. Sehingga pada tahun pelajaran 2010-1011 layak membuka kelas baru.

Alhamdulillah, atas rahmat Allah dan dukungan semua pihak, akhirnya sekolah ini dinyatakan lolos verifikasi,” telah Kepala SMK Maarif NU 01 Wanasari Ali Faozan SHI, ST, MH di ruang kerjanya, Sabtu (29/5) kemarin.<>

Verifikasi, lanjut Faozan, telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes melalui beberapa tahapan. Diantaranya, meliputi persiapan, sarana prasarana, tenaga kependidikan dan lain-lain. “Lolosnya verifikasi ini tak lepas dari peran MWC NU Wanasari beserta jajarannya,” ungkap Faozan.

Dia mengungkapkan, sekolah yang terletak di Jalan Sawojajar Km 1 Pesantunan Wanasari Brebes ini akan membuka jurusan Teknik Sepeda Motor dan Multi Media.  Dibukanya dua jurusan itu, karena Kabupaten Brebes khususnya, sangat membutuhkan tenaga trampil dari dua bidang tersebut. “Dunia motor dan Multi Media telah merambah ke seluruh pelosok desa, sehingga lulusan di dua jurusan itu sangat prospektif,” terangnya.

Faozan menambahkan, bagi lulusan SMP ataupun MTs dan yang sederajat, bisa langsung mendaftarkan diri di Kampus SMK Maarif NU 01 Wanasari mulai Senin (31/5). “Dengan tempat yang strategis, insyaallah sekolah ini bisa maju pesat,” harapnya penuh optimis. (was)
Ahad 30 Mei 2010 18:3 WIB
Lintas Ormas Gelar Bhakti Sosial
Lintas Ormas Gelar Bhakti Sosial
Jember, NU Online
Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Al-Irsyad, MUI, Lembaga Pengembangan Akhlaq Islamiyah (LPAI) dan Politeknik Negeri Jember, menunjukkan kebersamaannya dalam memberdayakan umat. Kebersamaan itu dibuktikan dengan menggelar pelatihan dan bahkati sosial di aula Poltek, Ahad (30/5).

Selain mendapat pelatihan pembuatan pupuk organik, 500 peserta yang rata-rata petani itu juga mendapat beras kelas super sebanyak 5 kilogram. Menurut  ketua panitia, H Arum Sabil kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikn bekal keterampilan bagi peserta agar dapat memberdayakan dirinya. “Ini bagian dari komitmen kita untuk memberdayakan umat melalui pelatihan dan bhakti sosial,” tukas Arum ketika memberikan sambutan.<>

Bos Assosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) itu menambahkan bahwa bhakti  sosial bisa dilakukan di mana saja asalkan ada sinergi dan kemauan antar yang kaya. Dijelaskannya, jika 5 persen saja dari jumlah umat Islam yang kaya bisa menyisihkan sebagian rejekinya, maka sangat banyak yang bisa dilakukan untuk memberdayakan ekonomi umat.

“Coba hitung, penduduk Jember berjumlah dua juta lebih. Mereka mayoritas umat Islam. Katakanlah ada lima persen  yang masuk kategori kaya, dan mereka bisa urunan, berapa banyak dana yang akan terkumpul,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak hanya pandai berkampanye dalam perhelatan politik, tapi bisa berkampanye dan mengingatkan orang kaya agar menyisihkan sebagian rejekinya untuk orang-orang yang tidak mampu.

Sementara itu, Rais Syuriyah PCNU Jember, KH Muhyiddin Abdusshomad menyatakan bahwa tantangan umat Islam kedepan semakin kompleks. Terutama kian maraknya pengangguran dan orang miskin.

“Kalau mereka tidak kita rangkul dan diberdayakan, mereka akan mudah menjadi santapan pihak lain yang punya misi penyebaran agama,” katanya saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut. (ary)
Ahad 30 Mei 2010 16:30 WIB
PNMP Programkan Madrasah Diniyah
PNMP Programkan Madrasah Diniyah
Brebes, NU Online
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Songgom menetapkan progam pembangunan Madrasah Diniyah (Madin). Ada tiga desa yang usulan pembangunan dan rehab madin ditetapkan.

“Karena untuk pembangunan Madin sangat sulit untuk mendapatkan dananya, maka dalam Musyawarah antar desa, kami menetapkan usulan tersebut,” ujar Ketua Musyawarah Antar Desa (MAD) Kec. Songgom Brebes Agus Ahmad Zamroni kepada NU Online Sabtu (29/5).<>

Menurut Agus Usulan yang ditetapkan untuk program pembangunan Madin yakni di Desa Songgom Lor dan Desa Wanatawang ditetapkan masing-masing pembangunan 2 lokal kelas baru dan mebelair. Sedangkan untuk desa Geger Kunci ditetapkan rehab 3 lokal Madin dan mebelair.

“Antusiasme anak-anak sekolah di Madin di desa tersebut sangat tinggi, sedang keadaan ekonominya sangat minim, sehingga perlu uluran tangan PNPM,” terangnya.

Musyawarah penetapan usulan tersebut telah dilaksanakan pada Rabu (25/5) lalu di Balai desa Karangsembung. Perwakilan masing-masing desa yang terdiri dari Kepala desa, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), tokoh masyarakat dan perwakilan perempuan.

Penetapan usulan untuk madin, menempati rangking 1 hingga 3 dari 20 usulan yang ditetapkan. Kedua puluh usulan dari 10 desa di Kecamatan Songgom tersebut akan ditetapkan sebulan mendatang setelah diverifikasi tim Kabupaten. “Agar program kegiatan tersebut tuntas, idealnya 1 desa ditetapkan 1 kegiatan prioritas,” ujar Agus yang juga Ketua PAC Ansor Songgom itu.

Agus menambahkan, pada tahun 2010 ini dikucurkan dana sebesar 3 Miliar untuk dari program kegiatan tersebut di danai dari APBD. (was)
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG