Rapat Panja BPIH Digelar Terbuka

Rapat Panja BPIH Digelar Terbuka
Jakarta, NU Online
Tak kunjung ditetapkan, Panja BPIH Komisi VIII mengubah strategi rapat yang semula dilakukan secara tertutup menjadi terbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurigaan adanya pihak-pihak yang bermain selama proses pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Komisi VIII akan melakukan rapat terbuka agar tidak dituduh macam-macam," kata anggota Panja BPIH Komisi Mahrus Munir di Jakarta, Rabu (30/6).<>

Dalam penerapannya, rapat panja yang sudah dua kali digelar pada masa reses itu dilakukan secara terbuka, namun pada pembahasan ketiga kali ditemukan kesulitan dalam meliput rapat dengar pendapat tersebut. Pihak sekretariat beralasan rapat tertutup.
Bahkan, ada wartawan televisi yang sedang mengambil gambar diminta keluar ruangan. Bukan hanya itu, pintu balkon juga terkunci sehingga tidak memberikan akses kepada wartawan yang meliput.

"Panja ini aslinya memang tertutup, mungkin sekretariat memandang prosedurnya itu tetap tertutup. Tapi ini lebih baik terbuka. Untuk itu saya minta maaf apabila ada yang tidak mengenakkan dalam pelaksanaan peliputan," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding. (ful)
BNI Mobile