Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

MOS Dengan Tanamkan Kepedulian

MOS Dengan Tanamkan Kepedulian
Brebes, NU Online
Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) identik dengan berbagai bentuk kegiatan yang berbau perpeloncoan. Tapi tidak halnya dengan kegiatan MOS di SMP Negeri 7 Brebes. Karena digelar dalam bentuk penanaman budi pekerti dan kepedulian.

“MOS, pada hakekatnya mengenalkan siswa baru pada hal-hal baru, baik dengan teman baru maupun lingkungan yang baru,” ujar Kepala SMP Negeri 7 Brebes Totok Suharsono, SPd disela kegiatan MOS di ruang kerjanya Rabu (14/7).<>

Untuk mengenalkannya, lanjut Totok, bisa dilakukan dengan berbagai kreatifitas kegiatan. Sesuai denganVisi sekolah yang mengharapkan prestasi tinggi dan berakhlak terpuji, maka SMP 7 Brebes menggelar kegiatannya yang mengarah ke visi tersebut.

“Kami lebih banyak menggelarkan kegiatan yang mengandung penanaman akhlak terpuji,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, antara lainpenyuluhan Anti Narkoba, Kerokhanian, Bakti Sosial dan Silaturohmi antar siswa dan seluruh warga sekolah. “Juga dengan lingkungan masyarakat sekitar,” ucap Totok yang didampingi urusan Kesiswaan Mustofa, S.Pd.

Bentuk pengenalan dengan lingkungan sekitar, masih kata Totok, berupa aktivitas bakti sosial dan sumbangan ke Masjid dan Mushola. Menurutnya, ada delapan Masjid dan Mushola yang jadi sasaran bakti sosial. “Para siswa kelas 7 yang didampingi kakak-kakak kelasnya membersihkan Masjid dan Mushola,” terangnya.

Dari pantauan NU Online para siswa ada yang membersihkan kaca jendela masjid, mengepel, menyapu, mencabuti rumput dan aktivitas lainnya.

Selain itu, dari infaq yang dikumpulkan para siswa dibelikan alat-alat kebersihan dan disumbangkan kepada Masjid dan Mushola yang menjadi sasaran bakti social melalui pengurus Takmir Masjid Mushola yang bersangkutan.

“Dengan berbagai kegiatan kepedulian yang menyentuh hati nurani mereka, mudah-mudahan menjadi siswa yang berakhlak terpuji, amin,” pungkasnya. (was).

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya