IMG-LOGO
Warta

Pameran Fotografi "The Other Side of Makkah" Dibuka


Ahad 29 Agustus 2010 10:51 WIB
Bagikan:
Pameran Fotografi
Jakarta, NU Online
ANTARA FOTO bekerja sama dengan manajemen Mal Pejaten Village Jakarta Selatan menggelar pameran fotografi bertajuk "The Other Side of Makkah" dan peluncuran Buku Fotografi karya Maha Eka Swasta di Mal Pejaten Village, Jakarta, Jumat.

"Buku ini adalah buku kedua produksi ANTARA mengenai Makkah," kata Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Syaiful Hadi.<>

Syaiful mengatakan, bahwa Maekos begitu panggilan akrab sang fotografer, pada tahun 2009 mendapat tugas dari Departemen Agama untuk mempublikasikan apa yang terjadi di Makkah dan Madinah. Untuk itu, ia berhasil memproduksi ratusan foto yang dijadikan sebuah buku.

Foto itu diambil dalam kurun waktu dua bulan atau 66 hari di mana kota Makkah pada saat musim haji dan setelah musim haji, yang berhasil mengabadikan momen Makkah dan ia berperan sebagai orang Indonesia yang merekam sesuatu di Makkah.

"Masjidil Haram dan Masjid Nabawi adalah bagian terlarang untuk difoto tetapi berhasil diabadikan oleh Maekos secara diam-diam," kata Syaiful.

Maha Eka Swasta selaku sang fotografer mengaku bahwa ia sempat berdiskusi dengan rekan-rekan di ANTARA Foto untuk membuat konsep yang berbeda dari buku fotografi pertama tentang Makkah karya Pewarta Foto ANTARA Zarkoni Masoem dan akhirnya memutuskan mengangkat tema kehidupan sehari-hari yang menjadi sisi lain dari kota makkah selama 66 hari.

"Saya merasa masih kurang dan tidak terlalu dalam dan hanya mengabadikan luarnya saja," katanya.

Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO Grup Lippo Karawaci selaku pengelola Mal Pejaten Village mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi pihaknya bisa berbagi dalam kesempatan yang sangat baik ini dan ini merupakan salah satu wujud "impacting live" yang menjadi salah satu visi perusahaan kami.

Acara pembukaan diawali dengan penampilan permaian angklung dari anak-anak pemulung sekolah di wilayah Bintara Bekasi, Jawa Barat yang membawakan lagu berjudul "Shalawat" dan "Tombo Ati".

Pembukaan juga dimeriahkan dengan acara pemberian sembako dan peralatan mandi kepada 70 anak-anak yatim piatu dari Dompet Dhuafa dan Yayasan Anak Sholeh.

Pameran yang berlangsung d Mal Pejaten Village itu menampilkan foto-foto hasil karya Fotografer ANTARA Foto Maha Eka Swasta yang berlangsung dari 26 Agustus - 5 September 2010 yang telah dikemas dalam buku fotografi berisi 138 karya foto yang memperlihatkan sisi lain kota Makkah berjudul "The Other Side of Makkah. (ant/mad)
Bagikan:
IMG
IMG