IMG-LOGO
Warta

628 Pramuka Bantu Arus Mudik dan Balik Lebaran


Senin 30 Agustus 2010 04:44 WIB
Bagikan:
628 Pramuka Bantu Arus Mudik dan Balik Lebaran
Brebes, NU Online
Sebanyak 628 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.29 Brebes bakal diterjunkan dalam pengamanan arus mudik dan balik lebaran. Mereka akan ditempatkan pada tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Bantuan Pramuka diharapkan dapat melancarkan arus dan balik serta meminimalisir terjadinya angka kecelakaan.

“Kami menerjunkan 628 anggota pramuka dalam pengamanan arus mudik dan balik lebaran,” ujar Ketua Kwarcab Brebes H Agung Widyantoro SH MSi melalui Sekretaris bidang Binawasa H Nursidik usai upacara gelar pasukan Karya Bakti Pramuka (Kartika) Lebaran 2010 di Sanggar Kwarcab setempat, Ahad (29/8).<>

Menurutnya, sumbangsih Pramuka ini, sebagai perwujudan pengamalan  Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Utamaya pada darma keempat yakni rela menolong dan tabah. Mereka yang diterjunkan adalah anggota Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) dan Pasukan Dasa Darma (Passada). 

Pramuka Penegak dan Pandega yang usianya sekitar 16 sampai 24 tahun, sudah melakukan pelatihan pengamanan yang dibina oleh Kepolisian Resort dan Sektor se Brebes. “Anggota pramuka itu, sudah mendapatkan bekal keahlian untuk mengatur lalu lintas dan pertolongan lainnya. Mereka diterjunkan sejak H-7 hingga H+7,” ujar Nursidik.

Sementara Ketua Sangga Kerja Kartika Lebaran 2010 Kukuh Apriantoro menjelaskan dalam tugasnya mereka berdampingan dengan pihak kepolisian dan organisasi massa lainnya. Mereka akan ditempatkan di Wilayah Pantura dari ujung kulon Losari hingga perbatasan Tegal-Brebes. Wilayah Tengah, meliputi daerah Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Songgom dan Jatibarang.

Sedang Wilayah selatan meliputi Bumiayu, Tonjong dan Paguyangan. “Untuk daerah Salem dan Bantarkawung mengamankan pusat-pusat keramaian seperti pasar dan mengatur shof sholat id,” terangnya.

Para peserta Kartika Lebaran 2010 saat gelar pasukan terlihat bersemangat. Sebagai tanda ikut serta kegiatan, secara simbolis disematkan tanda peserta Kartika Lebaran oleh Sekretaris bidang Binawasa H Nursidik dalam suatu upacara gelar pasukan Karya Bakti Pramuka (Kartika) Lebaran 2010. (was)
Bagikan:
IMG
IMG